Hindari Paparan Covid-19, PB PASI Batasi Atletnya Berlatih di Luar Ruangan

0
Sumber Gambar: jawapos.com

Berbeda dengan beberapa cabang olahraga (cabor) lain yang tengah bersiap untuk melaksanakan Pelatnas jelang kenormalan baru (new normal), Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) justru saat ini membatasi para atletnya berlatih di luar ruangan, dalam masa pandemi covid-19 yang masih berlangsung ini.

Seperti dilansir dari antaranews.com, PB PASI justru mengingatkan para atletnya yang kini berlatih mandiri untuk sebisa mungkin menghindari latihan di luar ruangan. Hal tersebut dilakukan demi meminimalisir resiko terpapar virus corona.

“Jika ingin berlatih d luar ruangan, para atlet harus berhati-hati dan cerdas memilih lokasi,” kata Ketua Komisi Medis PB PASI, dr Ermita Isfandiary.

“Latihan alternatif bisa dilakukan di rumah agar tetap semangat untuk bergerak,” ucap dia menambahkan.

Lebih jauh dr Ermita juga menyampaikan, bahwa atlet juga harus benar – benar mempelajari situasi di daerah mereka masing – masing, apakah termasuk zona aman atau justru zona merah.

Menurutnya, para atlet bisa berlatih di luar ruangan, jika wilayahnya masuk dalam zona hijau alias aman. Akan tetapi jika daerahnya termasuk dalam zona merah, maka mereka hanya bisa berlatih di dalam ruangan.

Namun untuk latihan yang proyeksi prestasi, dr Ermita mengatakan bahwa latihan di luar ruangan bisa dilakukan, namun dalam lingkup yang sangat terbatas.

“Kalau di dalam ruangan sirkulasi udara kurang. Atlet boleh berlatih di luar, tetapi sebatas di halaman rumah,” ujar dia.

dr Ermita juga tidak merekomendasikan para penghuni pelatnas atletik, untuk menggunakan masker ketika melakukan latihan intens. Karena hal ini justru bisa mengganggu sirkulasi pernafasan.

“Memakai masker bisa membuat kesulitan bernapas. Saya harap atlet-atlet bisa menjaga kewaspadaan dan cermat dalam latihan,” tutur dia.

Sebelumnya, PB PASI bergerak cepat di masa pandemi covid-19, dengan memutuskan memulangkan seluruh atletnya dari Pelatnas. Sehingga Emilia Nova dkk hingga kini masih menjalani latihan mandiri di daerah masing – masing, dengan mendapatkan program dan pemantauan dari tim pelatih PASI secara daring.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here