Hadapi Kualifikasi FIBA 2021, Timnas Basket Pilih Padukan Pemain Senior dan Junior

0
Arki Dikania Wisnu, sumber: www.smartgilasbasketball.com

Menjelang babak kualifikasi FIBA ASIA 2021 Pengurus Pusat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) memastikan akan memadukan pemain junior dan senior sebagai kerangka skuat andalan Tim Nasional Indonesia.

Dalam kualifikasi tersebut, Tim Indonesia akan berhadapan dengan Thailand dan Korea Selatan.PP Perbasi sudah memastikan, aka nada 14 pemain bola basket yang dipanggil ke pemusatan latihan nasional (Pelatnas) untuk menghadapi gelaran tersebut.

Beberapa pemain penghuni Pelatnas sebelumnya, seperti Arki Dikania Wisni,Abraham Damar Grahita, Andakara Praswata, Vincent Kosasih, Laurentinus Steven Oei, Kevin Yonas Sitorus, serta Hardianus Lakudu akan kembali dipanggil, untuk menjadi bagain tim yang dipimpin pelatih Serbia Radjko Toroman. Melengkapi para pemain senior tersebut, PP Perbasi juga memanggil sejumlah pemain muda seperti, Yudha Saputra, Julian Alexander, Derrick Michael dan Agassi.

Hanya saja para pemain junior tersebut masih harus diseleksi dahulu, sebelum akhirnya diputuskan jadi bagian skuat Tim Indonesia untuk ajang kualifikasi FIBA Asia 2021.

Bukan hanya 11 nama pemain tersebut yang dipanggil ke Pelatnas basket, karena Perbasi juga mengundang dua nama naturalisasi yaitu, Jammar Andre Johnson dan Brandon Jawato. Kota Bandung yang direncanakan PP Perbasi,jadi markas Pelatnas basket hingga waktu kualifikasi tiba.

Sebelum masuk Pelatnas, sebagai bentuk kepatuhan terhadap protokol kesehatan, Manajer Timnas Basket Putra Indonesia, Maulana Fareza Tamrella mengatakan, bahwa semua pemain harus terlebih dahulu menjalani tes usap (swab test) sebelum berlatih bersama.

“Mereka akan test swab dahulu tanggal 15 Agustus, baru tanggal 16 dan 17 mereka sama-sama ke Bandung untuk mengikuti pelatnas di sana,” kata Maulana Fareza yang akrab disapa Mocha tersebut, seperti dilansir dari wartakota.com.

Terkait dengan sejumlah nama junior yang turut dipanggil, Mocha beralasan, hal itu, karena saat ini banyak pemain senior terbaik Indonesia yang masih harus membela klubnya dalam lanjutan gelaran Indonesia Basketball League (IBL).

Karenanya PP Perbasi lebih memilih memanggil pemain yang tidak bermain di klub, agar bisa konsentrasi selama Pelatnas.

“Saya tidak memanggil pemain yang akan berlaga di lanjutan IBL. Alasannya biar mereka fokus untuk IBL dulu. Setelah IBL berakhir baru kita panggil pemain-pemainnya. Setelah berakhir kita panggil mereka yang cocok menggantikan, atau menambah dan membuat tim ada 15 orang,” tambahnya.

Saat ini, Indonesia membutuhkan kemenangan, pada laga lanjutan Kualifikasi FIBA Asia, demi bisa menjaga harapan untuk tampil di Piala Dunia Bola Basket, yang rencana akan digelar di Indonesia, Jepang dan Filipina pada 2023 mendatang. Karenanya, sisa waktu tiga bulan ke depan, akan dimanfatkan secara maksimal dalam Pelatnas demi tampil maksimal, setelah pada laga terakhir Tim Indonesia harus mengakui keunggulan Korea Selatan di Filipina.

Berikut 14 pemain yang dipanggil mengikuti TC timnas basket putra di Jakarta:
1. Brandon Van Dorn Jawato (DKI)
2. Laurentius Steven Oei (Jatim)
3. Kevin Yonas Argadiba Sitorus (Kalsel)
4. Jamarr Andre Johnson (DKI)
5. Yudha Saputera (Jabar)
6. Kelvin Sanjaya (Riau)
7. Julian Alexander Chalias (Bali)
8. Abraham Damar Grahita (Bangka Belitung)
9. Vincent Rivaldi Kosasih (Jawa Timur)
10. Arki Dikania Wisnu (DKI)
11. Hardianus Lakudu (Kaltim)
12. Andakara Prastawa Dhyaksa (DKI)
13. Derrick Michael Xzavierro (DKI)
14. Agassi Yeshe Goantara (Banten)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here