Hadapi Jadwal Ketat 2021, Begini Kebijakan Berbagai Induk Olahraga 

0
Lisa Setiawati merebut perak di hari pertama SEA Games 2019.

Induk dan federasi olahraga serta para atlet kini terpaksa harus merubah strategi yang akan disiapkan untuk menghadapi tahun 2021. Hal tersebut tidak lepas dari padatnya agenda pada tahun depan. Setidaknya ada tiga agenda besar, yaitu Olimpiade, Pekan Olahraga Nasional (PON) dan SEA Games.

Bahkan, ketiga agenda besar tersebut akan diadakan dalam waktu yang tidak terlalu berjarak jauh. Olimpiade yang sudah mengalami penundaan, akan diadakan Juli-Agustus 2021, PON yang mengalami nasib tak jauh berbeda juga akan diadakan Oktober 2021, serta diakhiri dengan SEA Games di Vietnam pada Desember di tahun yang sama.

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Persatuan Angkat Berat, Binaraga dan Angkat Besi (PABBSI) Alamsyah Wijaya menyatakan bahwa atas adanya jadwal yang mepet tersebut, pihaknya sudah menyiapkan antisipasi.

“Enggak ada masalah. Kami tinggal atur dan tentukan peak performance para atlet,” kata Alamsyah seperti dikutip dari Media Indonesia.

Disampaikan Alamsyah, bahwa lifter andalan Tim Indonesia Eko Yuli Irawan sudah punya banyak pengalaman mengikuti jadwal padat, dalam waktu mepet. Ia mencontohkan, pada tahun 2014, Eko pernah ikut dalam Asian Games, Kejuaraan Angkat Beso Asia dan juga PON Jabar.
“Atlet yang sudah lolos Olimpiade bisa tampil di PON dan SEA Games. Itu tidak masalah, bagaimana jaga performa atlet, berat badan, serta nutrisi harus bagus,” kata dia.

Jika PABBSI berpeluang memberikan ruang bagi para atletnya untuk Panahan Indonesia (PB Perpani). Ketua Umum Perpani Iliza Sa’addudin Djamal merencanakan untuk atlet – atlet pelatnasnya bisa ikut dalam berbagai kejuaraan internasional, namun tidak diharapkan bisa turun di semua kejuaraan pada 2021, kebijakan yang berbeda diambil oleh Pengurus Besar Persatuan untuk mengikuti agenda PON. Illiza memaparkan, masih akan membahas wacana tersebut lebih lanjut dengan para pengurus pengprov dan pelatih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here