Gelar Pelatnas, Timnas Basket Tunggu Kebijakan Pemerintah

0
Arki Dikania Wisnu, sumber: www.smartgilasbasketball.com

Pengurus Pusat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) masih menunggu instruksi dan restu dari pemerintah terkait dengan jadwal pelaksanaan kembali Pemusatan latihan nasional (Pelatnas) dalam masa new normal (kenormalan baru).

Menurut Manajer Tim Basket Nasional Indonesia Maulana Fareza Tamrella, pihaknya merencanakan bahwa Pelatnas bisa dimulai di awal Juni 2020 ini, namun besar kemungkinan hal tersebut sulit dilaksanakan, karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk DKI Jakarta rencana baru berakhir per 4 Juni 2020.

“Saat ini kami masih menanti izin dan arahan dari pemerintah, kapan kami diperbolehkan sewa lapangan. Rencananya kami tetap akan latihan di GBK Arena Senayan,” ujar Fareza seperti dilansir dari Kantor Berita Antara.

Pemerintah sendiri memang sudah membuat kajian awal, terkait dengan penerapan rencana kenormalan baru di Tanah Air. Tahap uji coba sendiri, sudah dilaksanakan pada awal Juni ini.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sendiri, sebelumnya, juga sempat menggelar diskusi terkait dengan agenda pelaksanaan berbagai kegiatan olahraga nasional, kapan kembali bisa dimulai.

Terkait kapan bisa kembali dijalankan,Zainudin  sendiri belum memastikan lebih detail. Namun jika izin dikeluarkan, menurutnya, tahap pertama yang bisa dilakukan, adalah masih olahraga luar ruangan dan tanpa melibatkan kontak fisik.

“Kita menunggu dari gugus tugas dan pemerintah kira-kira di fase mana olahraga diperbolehkan, baik untuk di luar dan di dalam lapangan,” tutur Zainudin.

Situasi tersebut, jelas kontradiktif dengan olahraga basket yang notabene memang selalu melibatkan banyak kontak fisik di antara atletnya.

Hanya saja Fareza tetap berharap, supaya pemerintah, bisa sesegera mungkin menyusun dan mengeluarkan protokol serta petunjuk pelaksanaan kegiatan bagi seluruh cabang olahraga, yang memang memiliki karakteristik sendiri – sendiri.

“Begitu kita dapat petunjuk, kita akan mulai,” tegasnya.

Sebelumnya, PP Perbasi langsung menyetop segala kegiatan basket nasional, semenjak pertengahan Maret, karena pandemi virus Covid-19.

Para atlet yang diproyeksikan untuk kualifikasi FIBA Piala Asia 2021 juga langsung dikembalikan ke klub dan daerahnya masing – masing, serta resmi dibubarkan pada akhir Maret 2020.

Tim Indonesia untuk basket sendiri, memang masing punya sisa dua laga tandang di Kualifikasi FIBA Piala Asia 2021. Pada dua pertandingan tersebut, Andakara Prastawa dkk akan bertanding di Thailand pada 27 November, serta bertandang ke Korea Selatan pada 29 November 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here