Gelar Kejuaraan Virtual Perdana, Wushu Bina Atlet Muda di Tengah Pandemi

0
Harris Horatius, sumber gambar: Yayasan Kusuma Wushu Indonesia

Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) menggelar Kejuaraan Wushu Virtual 2020, sebagai bentuk pembinaan dan juga jalan pembuka menuju Kejurnas Wushu 2020. Event ini juga mendapat apresiasi dari Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Menpora Zainuddin Amali yang juga berkesempatan membuka Kejuaraan Wushu Virtual 2020 perdana tersebut pada 10 Oktober malam, langsung memberikan apresiasi atas kerja keras dan kreativitas pengurus PB WI yang tidak berhenti melakukan pembinaan di tengah suasana pandemi seperti sekarang ini.

“Apresiasi pemerintah kepada keluarga wushu Indonesia karena di tengah pandemi mampu menunjukkan kreativitas menggelar kompetisi secara virtual,” kata Zainudin dalam pembukaan yang juga dilaksanakan secara virtual tersebut.

Sementara, Ketua Umum Wushu Indonesia Airlangga Hertanto juga menyampaikan. Bahwa Kejuaraan ini sudah disusun sejak bulan Juli 2020 lalu, dan merupakan kejuaraan pembuka dari Kejuaraan Nasional Wushu yang rencana akan digelar pada Desember 2020 mendatang.

Kejuaraan Wushu Virtual 2020 berlangsung pada 10-17 Oktober. Turnamen diikuti sebanyak 632 atlet berasal dari 50 sasana di Tanah Air untuk memperebutkan Piala Ketua Umum PB WI Airlangga Hartarto bagi juara umum.

Kejuaraan kali ini memiliki tujuan utama sebagai media untuk mengumpulkan data dari seluruh atlet junior yang dimiliki oleh Wushu Indonesia. Dengan harapan semua potensi bisa terpantau, sekaligus sasana – sasana di daerah bisa lebih terpicu untuk menjaring dan membina atlet, sebagai dasar untuk PB WI bisa mempersiapkan atlet Indonesia di level internasional dalam jangka panjang.

“Saya apresiasi kejuaraan ini. Juga untuk sasana yang ada di provinsi. Saya harap melalui kejuaraan ini dapat lahir atlet di masa mendatang dan menjadi kebanggaan Indonesia,” ujar Airlangga.

“Saya juga berharap ke depannya atlet wushu tetap konsisten berprestasi dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya dalam event-event internasional yang akan datang.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here