Gala Siswa 2018, Ajang Percepat Regenerasi Bibit Pesepakbola Nasional

0
Sumber: kemdikbud.go.id

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) bekerja sama dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersinergi untuk membangun sepak bola nasional salah satunya melalui program penyelenggaraan turnamen sepak bola Gala Siswa yang sudah berlangsung di Jakarta pada 8-21 Oktober 2018 lalu.

Kompetisi GSI jenjang pendidikan SMP tingkat nasional yang diselenggarakan untuk kali pertama ini ditargetkan bisa mempercepat pembangunan persepakbolaan nasional serta mewujudkan nawacita Presiden Joko Widodo yakni Revolusi Mental melalui olah raga.

“GSI dilaksanakan sebagai wujud menjalankan program Nawacita Bapak Presiden Joko Widodo yakni Revolusi Mental melalui olah raga, dan juga sebagai wujud nyata menuju percepatan pembangunan persepakbolaan nasional,” jelas Hamid Muhammad selaku Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Kemendikbud RI, dilansir dari Kompas.com.

Hamid menambhkan bahwa GSI harus menjadi momentum untuk membangkitkan persepakbolaan yang berujung tercapainya kejayaan sepak bola nasional yang menjadi mimpi seluruh rakyat Indonesia.

“GSI akan dijadikan kompetisi tahunan. Sehingga akan menjadi tradisi pertandingan musiman pada jenjang sekolah, seperti di negara-negara maju lainnya. Harapannya, akan lahir bibit-bibit unggul dalam persepakbolaan nasional melalui GSI ini,” jelas Hamid.
GSI tingkat nasional edisi pertama tersebut diikuti 612 peserta dan 136 pendamping (official) dari 34 provinsi se-Indonesia.

Sembelumnya, GSI dilaksanakan secara bertahap mulai tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional. Sebelum memasuki kompetisi tingkat nasional, GSI diikuti 2.872 kecamatan, 257 kabupaten/kota, dengan jumlah peserta 11.435 sekolah, masing-masing tim 18 orang, dan offisial 4 orang. 8 grup dari 34 provinsi Jumlah pertandingan GSI yang telah digelar untuk tingkat kecamatan sebanyak 2.588 pertandingan dan tingkat kabupaten/kota 737 pertandingan. Sedangkan pada tingkat provinsi sebanyak 165 pertandingan.

Sehingga total pertandingan GSI yang telah digelar di 34 provinsi mencapai 3.490 pertandingan. Sementara itu, pada GSI tingkat nasional akan diselenggarakan sebanyak 64 pertandingan. 34 tim dari 34 provinsi yang bertanding dibagi dalam delapan grup (grup A sampai dengan grup H).

Selain Gala Siswa Indonesia, Mendikbud, PSSI dan KONI juga telah merancang dan melaksanakan  kursus kepelatihan Lisensi D Nasional yang melibatkan para guru olah raga sebagai peserta. PSSI dan Kemendikbud juga menyepakati kurikulum filosofi sepak bola Indonesia atau Filanesia sebagai salah satu materi kurikulum olahraga di sekolah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here