Gagal Penuhi Target, Tunggal Putra Bulutangkis Dievaluasi

0

Tunggal putra bulutangkis kontingen Indonesia gagal memenuhi target di SEA Games 2019 Filipina lalu. Diharapkan mampu mendulang medali, Firman Abdul Kholik dan Shesar Hiran Rhustavito justru pulang tanpa memperoleh medali satupun.

Kepulangan keduanya pun langsung disambut catatan dan evaluasi dari tim pelatih. Baik Shesar dan Firman sama-sama kandas di babak perempat final. Shesar kalah dari Loh Kean Yew (Singapura), sementara Firman terhadang Sitthikom Thammasin (Thailand) di babak pertama.

Ini diakui di luar ekspektasi tim pelatih. Pasalnya pada SEA Games 2017 silam, tunggal putra berhasil menyumbangkan dua medali. Yakni medali emas dari Jonatan Christie dan satu perunggu dari Ihsan Maulana.

“Hasil ini di luar prediksi saya. Saya targetnya final dan syukur-syukur bisa juara. Tapi kondisi lapangan juga kan berpengaruh di pertandingan kali ini.”

Dan mereka juga kalahnya sama Singapura dan Thailand. Selain itu Jonatan dan (Anthony Sinisuka) Ginting juga tidak bisa diturunkan saat ini, karena ada perhitungan lain. Jadi hasil ini harus bisa diterima,” ujar Hendry Saputra selaku pelatih tunggal putra pelatnas PBSI -seperti dikutip laman resmi PBSI.

Hendry melanjutkan memanga ada sejumlah masalah yang masuk dalam evaluasinya. Salah satunya adalah masalah mengatasi arah angin.

Namun hal tersebut tidak menjadi dalih bagi Hendry. Menurutnya pihak lawan juga merasakan dan menghadapi hal yang sama. Sehingga memang murni karena kurangnya persiapan anak asuhnya. Selain masalah teknis, Hendy juga menyoroti masalah mental dan psikis atletnya. Terutama Shesar yang kurang dingin dalam mengambil setiap keputusan.

“Menurut saya Shesar kemarin kurang tenang saja. Jadi dia kurang bisa menggunakan struk yang tepat untuk mengatasi lawan. Ini jadi pelajaran buat mereka.“

“Untuk SEA Games ke depannya jadi sudah tahu siapa yang akan diturunkan. Hasil ini di luar prediksi saya. Sebenarnya kalau dengan Shesar juga seharusnya sudah bisa,” ungkap Hendry menandaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here