Gagal Berujicoba ke Luar Negeri, Lalu Zohri Akan Maksimalkan Kejuaraan Nasional

0

Sprinter Tim Indonesia Lalu Muhammad Zohri gagal untuk melakukan persiapan Olimpiade Tokyo 2020 di luar negeri, setelah beberapa kejuaraan yang dibidik batal dihelat terkait dengan persebaran virus corona. Kompetisi dalam negeri pun kini jadi ajang Zohri menempa diri.

Brisbane Oceania Area Permit 2020 di Australia, adalah kejuaraan ketiga yang gagal diikuti Zohri di luar negeri. Sebelumnya, ia telah batal tampil dalam dua kejuaraan di China, yaitu Kejuaraan Atletik Asia Indoor pada 12-13 Februari, serta Kejuaraan Atletik Dunia Indoor, 13-15 Maret 2020. Kedua event tersebut terpaksa batal karena virus corona.

Sebagai pengganti tiga kejuaraan di luar negeri itu, pelatih kepala lari jarak pendek Tim Indonesia, Eni Nuraeni, menjelaskan bahwa Zohri akan direncakan mengikuti kejuaraan di dalam negeri, yaitu Jatim Open 2020 pada 17 April mendatang.

“Sebetulnya sayang banget sih, soalnya sudah persiapan juga ke Australia. Kita ingin tahu hasil latihan seperti apa. Kalau enggak, ya kita tes sendiri atau kita turun di dalam negeri, di Jawa Timur Open 17 April mendatang,” kata Eni Nuraeni di Jakarta, Senin, 9 Maret 2020, seperti dilansir dari Tempo.co.

Peluang bagi Zohri untuk bisa berujicoba di luar negeri pun, menurut Eni sudah tidak mungkin. Mengingat waktu Olimpiade yang semakin dekat, dan banyaknya event yang gagal terlaksana akibat virus corona.

“Sudah susah karena ada Singapore Open dan Thailand Open sudah cancel semua. Latihan di negeri masing-masing,” katanya.

Gagalnya ujicoba level internasional, lanjut Eni, juga akan membuat atletnya sulit untuk bisa menemukan lawan tanding yang seimbang bahkan lebih cepat, karena dari pantauannya, belum ada rekan Zohri yang mampu menandingi kecepatan sprinter asli Lombok tersebut.

Hanya saja, apapun kondisinya, Zohri tetap dituntut tampil maksimal, walapaun kejuaraan yang ia hadapi kini hanya berlevel nasional. Zohri diwajibkan untuk bisa memenuhi limit waktu yang sudah ditetapkan tim pelatih.

“Kesepakatannya dia harus maksimal dan jangan asal menang supaya kita tahu hasilnya bagaimana. Dia harus maksimal di Jatim,” tutur Eni.

Lalu Muhammad Zohri, 19 tahun, kini menjadi pelari jarak pendek andalan Tim Indonesia. Ia berhasil mendapatkan medali perak di final Kejuaraan Atletik Asia 2019, dengan catatan waktu 10,13 detik. Catatam tersebut juga berhasil memecahkan rekor nasional lari 100 meter, yang sebelumnya dipegang Suryo Agung Wibowo dengan 10,17 detik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here