Forki Optimis Raih Dua Emas di SEA Games 2019

0

Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB Forki) optimis kontingen Indonesia mampu menyabet dua emas pad SEA games. Optimisme tersebut berkaca dari raihan Indonesia saat Asian Games 2018 silam.

Target medali emas akan di bebankan kepada Rifki Ardiansyah Arrosyiid dan Cok Istri Agung Sanistyarani. Keduanya merupakan atlet berprestasi yang datang dari disipllin kumite (tarung).

Rifki sendiri berhasil membuktikan diri meraih medali emas di kumite kelas 60 kg. Ia berhasil mengungguli Amir Mehdizadeh(Iran) serta dua peraih medali perunggu Prem Kumar(Malaysia) dan Sadriddin Saymatov(Uzbekistan).

Sementara Coki – sebutan akrab Cok Istri berhasil mendulang medali perunggu di kumite kelas 55 kg.

Manajer Timnas, Djafar Djantang meyakini dua pencapaian tersebut bisa menjadi tolak ukur peta persaingan. Karena pada ajang Asian Game 2018 Indionesia berhasil berada diposisi ke-7 dari 34 negara, dengan torehan satu emas dan tiga perunggu.

Sementara kompetitor asal Asia Tenggara lain rata-rata berada dibawah sepuluh besar. Adapun yang terdekat Vietnam yang berhasil mendapatkan satu perak.

Di atas kertas, ia akan mampu menguasai SEA Games 2019 yang levelnya Asia Tenggara. Sedangkan untuk Coki (sapaan Cok Istri), terlihat punya keunggulan dibanding karateka Asia Tenggara lain,” ujar Djafar dilansir dari Topskor.id.

Disisi lain sebenarnya Indonesia juga berpeluang mendulang medali dari disiplin Kata (seni) yang diwakilkan Ahmad Zigi Zaresta. Pada Asian Games 2018 ia berhasil meraih medali perunggu dari.

Selain itu Zigi juga semakin terasah di ajang level dunia, ANOC World Beach Games (AWBG) di Qatar beberapa waktu lalu. Dimana ia mampu menempati posisi keempat usai takhluk dari Gakuji Tojaki asal Amerika Serikat.

Akan tetapi Djafar tidak berani menetapkan target karena kata adapah nomor yang tidak dapat diukur. Dalam artian subjektifitas juri bakal menentukan hasil akhir. belum lagi tuan rumah Filipina memiliki catatan bagus dinomor tersebut.

“Zigi sebetulnya layak ditarget emas karena belakangan, pencapaiannya bagus. Namun, kami tak mau membebaninya,” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here