Faktor Usia, Eko Yuli Irawan Bersyukur Olimpiade Ditunda

0
Sumber Gambar: suara.com

Atlet angkat besi andalan Tim Indonesia Eko Yuli Irawan, memang sudah dipastikan akan berlaga di Olimpiade Tokyo. Dengan penundaan Olimpiade Tokyo menjadi 2021, Eko pun merasa bersyukur, karena kini dirinya memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri.

Eko merasa perlu mempersiapkan diri lebih panjang, karena memang dari faktor usia tak bisa dipungkiri diirnya sudah senior (31 tahun) pada Juli nanti. Menurutnya dengan usia yang tidak muda, tentu kondisi fisiknya sudah berbeda dibanding atlet muda yang masih berusia 20 tahunan, yang tentu masih bisa berlatih dengan intensitas tinggi.

“Usia sekarang memang agak sedikit keteteran jadi butuh waktu lebih panjang. Di usia saya sekarang beda dengan usia 20-an, latihan masih bisa digeber,” kata Eko Yuli dilansir dari Antara.

Maka dengan adanya penundaan ini, Eko Yuli merasa mendapatkan keberkahan untuk bisa mewujudkan mimipinya selama ini, yaitu meraih emas Olimpiade. Pasalnya, selama tiga kali berturut – turut berlaga di Olimpiade, ia hanya bisa meraih perunggu lalu perak.

Dalam setahun ke depan masa persiapan, juga akan membuat Eko Yuli akan lebih fokus untuk bisa memaksimalkan angkatan, karena untuk hal ini, setidaknya menurutnya butuh waktu hingga dua bulan.

Sementara ini, total angkatan Eko adalah 310 kg, yang dia bukukandi Fajr Cup di Iran pada Bulan Februari lalu. Sementara rekor dunia kelas 61 kg masih dipegang lifter China Li Fabin dengan total angkatan 318 kg.

“Dengan penundaan satu tahun, anggap saja per dua bulan saya bisa menaikkan angkatan dua kilogram, jadi sampai sana (Olimpiade) bisa tercapai, asalkan pembinaan pelatnas tidak diputus,” tuturnya.

Dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, Eko Yuli junga mengatakan masih menjalani latihan regular seperti biasa bersama pelatnas di Mess Kwini, Jakarta Pusat. Latihan dengan intensitas normal, terus dijalankan, meskipun masih belum ada kepastian kapan kejuaraan akan kembali digulirkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here