Enam Petinju Tim Indonesia Siap Berlaga di Kejuaraan Dunia

0
Sumber Gambar: sport.detik.com

Enam petinju yang kini bergabung di Pelatnas Olimpiade terus berupaya mematangkan skill, teknik dan strategi guna menyambut laga di Kejuaraan Tinju Dunia Paris, Prancis (13-20 Mei 2021). Kejuaraan ini juga merupakan kesempatan terakhir untuk lolos ke Olimpiade Tokyo 2021, sebagai ajang kualifikasi final.

Enam petinju yang kini tengah ditempa dalam Pelatnas adalah, Aldom Sugoro (Kelas Terbang), Gill Mandagi (Kelas Bantam), Luki Hary (Kelas Bantam), Faran Papendang (Kelas Welter Ringan), Mikhail Puspita (Kelas Menengah),SIlva Ratuliu (Kelas Bulu) dan Ruswatun (Kelas Ringan).

“Ada enam petinju yang kami persiapkan untuk diterjunkan di Kejuaraan Dunia 2021 sekaligus merebut tiket ke Olimpiade Tokyo. Saat ini, mereka menjalani latihan di HS Boxing Camp Ciseeng Bogor, Jawa Barat,” kata pelatih Pelatnas Tinju Olimpiade, Hermensen Ballo di Jakarta, Kamis, 24 September 2020, seperti dikutip dari Tempo.co.

Sebelum akhirnya berangkat ke Paris, keenam petinju tersebut, akan terlebih dahulu masuk dalam pemusatan latihan khusus (TC) di luar negeri, demi bisa menambah jam terbang bertanding, serta mengenal lebih dalam berbagai karakter lawan. Hanya saja mantan petinju nasional ini juga belum bisa memastikan kapan para anak didiknya berangkat, karena berkaitan dengan situasi pandemi saat ini.

“Rencananya, TC itu akan dilakukan di Kazakhstan atau di Ukraina. Tapi kami belum bisa pastikan jadwalnya karena pandemi Covid-19. Kami tidak mau ambil risiko. Kami ikuti anjuran pemerintah saja,” ujar Ballo.

Sementara, salah satu petinju Pelatnas, Aldom Sugoro mengatakan, dirinya sangat optimis bisa meraih tiket ke Olimpiade Tokyo 2021 melalui Kejuaraan Tinju Dunia di Paris Mei 2021 mendatang. Oleh karenanya, Aldom pun bertekad untuk bisa bertanding habis – habisan, demi meraih hasil maksimal.

Aldom sendiri pernah turun di kelas terbang pada kualifikasi sebelumnya sempat gagal meraih tiket ke Tokyo, dalam pertandingan Kualifikasi Olimpiade Zona Asia/ Oceania di Amman Yordania, 3-11 Maret 2020 lalu.

“Di Paris nanti merupakan kesempatan terakhir. Jadi, saya akan berjuang habis-habisan untuk bisa meraih tiket ke Olimpiade Tokyo. Sudah banyak petinju terbaik dari kawasan Eropa yang lolos ke Olimpiade. Saya juga optimistis bisa lolos,” ungkap Aldom.

Cabor tinju Tim Indonesia di Olimpiade pernah mengukir prestasi yang membanggakan. Ketika tiga petinju Merah Putih pernah mencapai perempat final pesta olahraga sejagat itu. Mereka adalah, Ferry Moniaga (Kelas Layang) pada Olimpiade Muenchen 1972, Albert Papilaya (Kelas Menengah) saat Olimpiade Barcelona 1992, dan La Paena Masara (Kelas Layang) pada Olimpiade Atlanta 2000.

Sehingga besar harapan pada Olimpiade Tokyo 2021, para petinju Timnas bisa menyamai atau bahkan melebihi capaian para seniornya tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here