Emas Pertama SEA Games dari The Boys of 1987

0

“Kami melangkah ke SEA Games 1987 dengan percaya diri. Persaingan sangat ketat pada waktu itu. Ada keyakinan dalam diri kami untuk meraih juara,” – Rully Nere, gelandang tim nasional Indonesia 1987.

Tanggal 20 September 1987 menjadi saksi kejayaan Sepak Bola Indonesia di level Asia Tenggara. Pasalnya, tim Indonesia berhasil meraih medali emas SEA Games setelah mengalahkan Malaysia di Stadion Senayan.Medali emas yang diraih ini merupakan medali emas pertama buat Indonesia dari cabang Sepakbola, dalam sejarah keikutsertaan mereka di pesta olahraga se Asia Tenggara tersebut.

The Boys of 1987 berhasil lolos ke final setelah berhasil melewati Thailand dan Brunei Darusalam di babak penyisihan grup, dengan masing-masing skor 0-0 dan 2-0. Setelah itu, giliran Myanmar yang berhasil dipermak dengan skor meyakinkan 4-1 di semifinal.

Di final, terjadi ulangan final SEA Games 1979 yang saat itu dimenangkan tim tamu. Namun kali ini, giliran anak asuh Bertje Matulapelwa yang membawa pulang medali emas. Gol yang dinanti hadir melalui Ribut Waidi di menit 91 setelah melakukan aksi individu dengan mengecoh dan melewati barisan pertahanan tim lawan.

Gol ini sontak membuat sekitar 120.000 penonton yang hadir langsung melonjak gembira. Tentu saja, gol ini disambut pula oleh jutaan pasang mata yang menyaksikan pertandingan lewat televisi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here