Eko Yuli Pasang Target Lolos Olimpiade 2020

0
Lifter Eko Yuli Irawan saat Olimpiade London 2016. AP/Suara Pembaharuan.

Setelah berhasil menyumbang emas di Asian Games 2018, Eko Yuli kembali akan membela panji Indonesia di turnamen internasional. Kali ini, lifter asal Lampung ini akan turun di Kejuaraan Dunia yang akan diselenggaakan di Ashgabat, Turkmenistan, 1 sampai 10 November 2018.

Di kejuaraan ini, Eko akan berangkat bersama 9 rekan lainnya yang juga akan membela Indonesia dan berusaha lolos ke olimpiade. Pasalnya, kejuaraan dunia kali ini merupakan satu dari beberapa turnamen yang menjadi ajang kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Kepada Tribun News, Eko memasang target untuk masuk ke jajaran 8 besar di kelasnya. Dalam list peserta yang dirilis di web www.iwf.net, pria berusia 29 tahun ini akan turun di kelas 61 kg. Kelas ini 1 kg di bawah kelas spesialisasi Eko di Asian Games 2018 maupun Olimpiade 2016 sebelumnya.

“Untuk masuk kualifikasi Olimpiade minimal lolos ke delapan besar (kejuaraan dunia). tiap kejuaraan harus masuk 8 besar, ada beberapa pertandingan kan kita. Nah jika minimal 3 kali masuk 8 besar ya kita masuk Olimpiade,” papar kepada Tribunnews.com, 22 Oktober 2018 lalu.

Namun, target 8 besar ini nampaknya menjadi target minimal. Eko akan berusaha semampu mungkin dan membawa medali untuk Indonesia di kejuaraan dunia kali ini.

“Intinya kita buat lolos Olimpiade, tapi kalau ada kans medali bahkan emas ya kenapa tidak kita coba, karena ini nomor baru. Semua baru jadi kita masih mencoba lagi,” sambungnya.

Di Olimpiade Rio, Eko menjadi salah satu wakil Indonesia yang berhasil menyumbang medali. Bersama rekannya, Sri Wahyuni, mereka menyumbang masing-masing 1 medali perak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here