Eko Yuli Irawan, Perjuangan Mengangkat Nama Indonesia

0
Eko Yuli Irawan, Sumber: Rappler.com
Eko Yuli Irawan, Sumber: Rappler.com

Beberapa cabang olah raga berpeluang mendulang medali emas bagi Indonesia di Asian Games 2018. Salah satu cabang olah raga yang peluangnya cukup terbuka lebar menyumbang emas adalah cabang angkat besi. Pasalnya, cabang ini dihuni oleh atlit kelas dunia dan olimpiade, Eko Yuli Irawan.
Eko Yuli Irawan pernah tiga kali mengharumkan nama Indonesia di ajang pesta olahraga dunia, Olimpiade. Kala itu di Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012, Eko berhasil meraih medali perunggu. Sedangkan di Olimpiade Rio 2016, Eko berhasil meraih medali perak. Ini tidak lepas dari kerja keras Eko yang rutin berlatih angkat besi sejak kecil di Sasana Yon Haryono, hingga prestasinya mulai terlihat pada tahun 2006-2007 ketika berhasil meraih medali emas di kejuaraan dunia angkat besi junior.
Selain di Olimpiade, Eko Yuli Irawan pun pernah menorehkan sejumlah prestasi nasional dan Internasional seperti: Medali emas PON, medali emas Universiade China 2011, medali emas Sea Games, medali emas kejuaraan dunia angkat besi di Almaty Kazakhstan 2014, dan lain-lain. Di ajang Asian Games, pria kelahiran Metro, Lampung ini pernah menyumbang 1 medali perunggu di Asian Games 2010. Saingan Eko Yuli Irawan kali ini kemungkinan akan datang dari negara seperti Tiongkok, Korea Utara, Iran, atau Uzbekistan.
Dalam sejarah keikutsertaan Indonesia di Asian Games, cabang angkat besi Indonesia belum pernah menyumbangkan medali emas. Cabang ini menyumbangkan 5 perak dan 13 medali perunggu, sejak tahun 1954. Kini, lifter andalan Indonesia kelahiran Lampung, 24 Juli 1989 ini telah berusia matang dan kemampuannya semakin terasah. Di Asian Games 2018 nanti, Eko akan kembali bertarung dan berpeluang untuk mengharumkan nama Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here