Dukung Prestasi Olahraga Nasional Pringsewu dan Kemenpora Gelar Gala Desa

0

Gempita raihan prestasi luar biasa Tim Indonesia di Asian Games 2018 masih terus berlanjut, meski gelaran level Asia tersebut sudah berakhir beberapa bulan lalu. Prestasi Indonesia yang menonjol, membuat banyak pihak berupaya untuk bisa mempertahankannya, bahkan bisa meningkatkan di multi event selanjutnya. Upaya ini sendiri bukan saja dilakukan oleh pemerintah pusat, melainkan kini juga mulai digalakkan dari level daerah.

Salah satunya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pringsewu Lampung. Seperti dilansir dari metrotvnews.com, salah satu kabupaten di kawasan Sumatera ini baru saja menggelar pembukaan Gala Desa pada 19 Oktober 2018.

Ini merupakan kali kedua Pringsewu menggelar kejuaraan antar desa yang ada di sembilan kecamatan yang bernaung di bawah Pringsewu. Menariknya,multi event level kabupaten ini ternyata juga kini menjadi salah satu program andalan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Berada di bawah komando langsung dari Kemenpora, melalui Deputi Pembudayaan Olahraga, Gala Desa Pringsewu 2018 mempertandingkan empat cabang olahraga (cabor), yaitu atletik, bola voli, bulu tangkis dan sepak bola.

Bupati Pringsewu Sujadi Sadad menyatakan bahwa suatu kehormatan wilayah Pringsewu bisa kembali menggelar Gala Desa, sekaligus mendapat kepercayaan dari Kemenpora. Ia berharap suatu saat akan bisa muncul atlet –atlet nasional dari Gala Desa, dan ia menyakini bahwa diantara atlet tersebut akan ada yang bisa mengharumkan nama bangsa di level dunia.

“Alhamdulillah untuk kedua kalinya Kabupaten Pringsewu kembali diberikan kepercayaan menggelar event Gala Desa. Hormat kami dan rasa terimakasih masyarakat Pringsewu kepada Menpora Imam Nahrawi, begitu juga kepada bapak Presiden Joko Widodo, sehingga melalui olahraga bisa menjadi pemersatu bagi Indonesia,” ucap Sujadi Sadad.

“Kami yakin, Gala Desa menjadi penyemangat masyarakat untuk berolahraga, sehingga bukan suatu hal mustahil slogan dari Desa untuk Dunia akan terwujud untuk masa yang akan datang. Semoga dari Kabupaten Pringsewu akan lahir bibit-bibit olahraga berprestasi di tingkat nasional hingga internasional,” tambahnya.

Gala Desa Pringsewu akan diehelat selama 21 hari, dengan peserta dari kategori pelajar dan umum. Dengan usia mulai dari, U-13, U-15 hingga U-18. Pelaksanaan pertandingan akan tersebar di empat kecamatan di Pringsewu.

Cabor atletik dipusatkan di Bandungbaru, bola voli di Lapangan Pekon Pamenang, Bulutangkis di Pekon Sukoharjo 1, serta sepak bola di Lapangan Pekon Totokarto.

Sementara, Deputi Pembersayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta memaparkan, Kabupaten Pringsewu merupakan satu dari 136 kabupaten/kota di 34 propinsi se-Indonesia yang akan menggelar program Gala Desa Kemenpora. Dengan tujuan utama untuk meningkatkan kebugaran masyarakat, selain sebagai ajang pembibitan calon atlet, mulai level pelosok desa.

Sementara itu, Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta menjelaskan, Kabupaten Pringsewu merupakan salah satu dari 136 kabupaten/kota di 34 provinsi se-Indonesia yang mendapat program Gala Desa dari Kemenpora, yang bertujuan selain untuk menambah kebugaran dan kesehatan masyarakat. Juga mencari bibit pekerjaan awal dari masyarakat di pelosok desa.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Pringsewu beserta jajaran, stakeholder dan semuanya yang telah merespon positif program Nasional Gala Desa ini, di mana daerah berjuluk “Jejama Secancanan” memiliki perhatian besar kepada olahraga Indonesia, komitmen menggerakkan masyarakatnya untuk terus berolahraga sangat tinggi,” ucap Raden Isnanta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here