Dukung Pembinaan Atlet Bola Voli Nasional, PBVSI Buleleng Bentuk Akademi

0
Sumber Gambar: faktapers.id

Kemajuan bola voli nasional tidak bisa lepas dari dukungan di daerah. Hal tersebut yang coba dilakukan oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kabupaten Buleleng Bali, dengan mendirikan Akademi Bola Voli Buleleng ) ABVB.

ABVB didirikan sebagai wadah pembinaan, sekaligus media untuk bisa mempersiapkan atlet bola voli dari wilayah Kabupaten Buleleng, agar siap bersaing bukan saja di level Provinsi Bali, namun juga nasional. Untuk sementara ini tercatat sudah ada 401 calon siswa ABVB baik putra maupun putri yang sudah mendaftar secara daring.

Ketua Umum PBVSI Kabupaten Buleleng Putu Mangku Mertayasa, setelah ABVB terbentuknya, pihaknya akan segera melakukan pemetaan potensi atlet voli di wilayah Buleleng, yang juga dikenal sebagai kabupaten terluas di Pulau Bali. Menurutnya bonus demografi ini akan bisa jadi modal utama untuk bisa menemukan bakat – bakat atlet voli potensial.

“Kami di pengurus adakan rapat kerja terbatas untuk mengevaluasi management sebelumnya dan mencarikan jawaban solusi sehingga muncul akademi bola voli Buleleng ini. Ternyata setelah kami buka pendaftaran online selama tiga pekan pelamarnya sudah mencapai 401 orang keseluruhan, animo masyarakat sangat tinggi,” paparnya, seperti dikutip dari balipuspanews.com

Ia paparkan lebih lanjut bahwa ABVB merekrut calon atlet mulai usia 13 sampai 20 tahun. Mereka nantinya akan dipusatkan pembinaannya di 4 titik pada wilayah Buleleng secara gratis. Calon atlet akan diklasifikasikan sebagai, pemula, remaja, junior dan senior. Konsep pembinaan adalah program jangka panjang, mulai usia dini. Harapannya atlet hasil binaan ABVB nantinya bisa tembus hingga ke level nasional, dan menjadi bagian dari Tim Indonesia.

Ratusan atlet yang sudah mendaftar, nantinya akan di tes dahulu kondisi fisik mereka, kemudian baru dipilih ke dalam kelompok (pemula, remaja, junior, senior), serta dibagi baik putra-putri, ataupun voli indoor dan voli pasir.

Hingga kini ABVB juga sudah merekrut sejumlah pelatih yang semuanya tanpa imbalan.Mereka akan melatih dan membina atlet, sesuai dengan modul yang sebelumnya sudah disiapkan, sehingga target yang akan dicapai dalam setiap latihan menjadi jelas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here