Dua Cabor Penyumbang Medali Terbanyak di Asian Para Games 2018

0
Sumber: tribunnews.com

Kontingen Indonesia mengakhiri perjuangan di Asian Para Games 2018 dengan berada pada posisi kelima klasemen akhir perolehan medali di ajang tersebut. Secara keseluruhan, kontingen Merah Putih mengumpulkan total 135 medali dengan rincian 37 medali emas, 47 medali perak, dan 51 medali perunggu.

Menariknya Indonesia berhasil melewati target awal pada Asian Para Games 2018 ini, yaitu masuk delapan besar dengan capaian medali emas minimal 16 keping. Sementara itu, China menjadi juara umum dan kokoh di puncak klasemen dengan torehan 172 medali emas, 88 medali perak, dan 59 medali perunggu. Lantas cabang olahraga apakah yang berhasil menyumbang banyak emas untuk kontingen Indonesia diajang Asia Para Games 2018?

Dilansir dari Liputan6.com, ada dua cabang olahraga penyumbang emas terbanyak untuk kontingen Indonesia. Dua cabor tersebut yakni Catur dan Bulu Tangkis. Catur sukses mengumpulkan 11 medali emas. Menariknya Catur baru pertama kali dipertandingkan pada ajang penyandang disabilitas terbesar di Asia ini.

Sedangkan bulu tangkis juga sukses mengoleksi 11 medali emas. Yang tak kalah menarik, atlet Indonesia juga sudah 11 kali menempati podium tertinggi pada cabor tepok bulu itu.
Cabor lain yang juga turut menyumbangkan banyak medali emas bagi Indonesia adalah para renang, para atletik, dan tenis meja. Berikut adalah rincian cabor penyumbang medali emas bagi Indonesia diajang Asian Para Games 2018 :
Catur (11 emas)
Bulu Tangkis (11 emas)
Para Renang (6 emas)
Para Atletik (6 emas)
Tenis Meja (6 emas)
Lawn Bowls (5 emas)
Balap Sepeda (1 emas)
Tenpin Bowling (1 emas)

Sementara itu terkait bonus atlet peraih medali emas, pemerintah sebelumhya berjanji akan memberikan jumlah bonus yang sama antara atlet peraih medali Asian Games dengan Asian Para Games 2018. Sebagai informasi, atlet yang meraih medali emas dalam Asian Para Games akan memperoleh bonus Rp 1,5 miliar sama seperti atlet Asian Games 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here