Dua Atlet Bulutangkis Tim Indonesia Yang Menjadi Kolektor Medali Olimpiade Terbanyak

0
Sumber Gambar: AFP PHOTO / AFP PHOTO / FREDERIC BROWN

Meskipun terhitung medali emas Olimpiade bagi Indonesia baru didapat pada medio 1992-2016, namun ternyata Tim Indonesia, baru memiliki dua atlet yang mampu dibilang sebagai kolektor medali terbanyak bagi Indonesia. Siapa saja mereka?

Olimpiade memang dikenal sebagai multi event dengan kelas paling prestisius. Sehingga banyak atlet yang sangat menginginkan bisa naik podium di turnamen empat tahunan tersebut.

Salah satu cabang olahraga yang menjadi andalan Indonesia di ajang ini adalah bulutangkis. Sejak dipertandingkan di Olimpiade pada 1992, Indonesia memang hampir tidak pernah absen untuk bisa mendapatkan medali dari cabang olahraga ini. Namun meskipun prestasi para pebulutangkis Indonesia terbilang bagus di Olimpiade, namun ternyata tercatat hanya ada dua atlet saja yang berhasil mengumpulkan medali paling banyak sepanjang Olimpiade dibanding pebulutangkis Tanah Air yang lain. Berikut ulasannya, seperti dilansir dari Indosport:

Liliyana Natsir 

Liliyana merupakan legenda pada nomor lomba ganda campuran. Ia menjadi atlet Indonesia pertama yang menjadi pengoleksi terbanyak hingga saat ini di Olimpiade. Medali emas, berhasil didapat Liliyana saat membela Merah Putih di Olimpiade 2016, sedangkan perak sukses dia dapatkan pada Olimpiade 2008.

Medali emas didapat Liliyana pada 2016, saat berpasangan dengan Tontowi Ahmad. Dalam babak final saat itu, mereka berhasil mengalahkan pasangan dari China, Chan Peng Soon/ Gooh Liu Ying dengan skor 21-14, 12-12. Sementara medali perak pada Olimpiade 2008, didapatkan Liliyana ketika masih berpasangan dengan Nova Widianto. Kala itu duet ini, harus mengakui keunggulan pasangan Korea Selatan Lee Yong Dae/ Lee hyo-jung dengan skor 11-21, 12-21.

Susy Susanti 

Susy juga tercatat sebagai atlet bulutangkis yang berhasil paling banyak mempersembahkan medali bagi Tim Indonesia, dengan satu emas dan satu perunggu. Bahkan ia tercatat sebagai orang Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan medali emas. Hal tersebut tepatnya terjadi pada Olimpiade 1992 Barcelona. Ketika itu Susy yang punya spesialisasi di nomor tunggal putri, berhasil menundukkan perlawanan Bang Soo-hyun dengan skor 5-11, 11-5 dan 11-3.

Selanjutya di Olimpiade 1996 Atlanta, Susy harus berpuas hati dengan raihan medali perunggu, setelah pada babak semifinal ia takluk dari rival yang dia bekuk di Olimpiade 1992 Bang Soo-hyun dengan skor 9-11, 8-11.

Semoga pada ajang Olimpiade – Olimpiade berikutnya, akan kembali muncul Liliyana Natsir dan Susy Susanti baru dari Tim Indonesia yang mampu mengharumkan nama bangsa dengan meraih prestasi tertinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here