Diwakili 6 Atlet, FPTI Kalsel Optimis Lolos Pada Seleknas di Jakarta

0
Sumber: https://sumutpos.co/

55 Atlet panjat tebing dari 19 daerah bersaing pada pekan ini di Seleksi Nasional (Seleknas) junior,  untuk bisa menembus tim panjat tebing yang juga dipersiapkan mengikuti kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020, yang harus ditunda pelaksanaannya ke 2021.

Salah satu daerah yang mengirimkan perwakilannya ke Seleknas Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) adalah Kalimantan Selatan. Pada event kali ini, Kalsel diwakili enam atlet panjat tebing.

Pelatih merangkap manajer tim panjat tebing Kalsel. Akhmad Faridl Wajdi menyampaikan, bahwa agenda seleknas ini sudah dipersiapkan oleh FPTI pusat sejak September 2020 lalu. Namun akibat dari adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta ketika itu, agenda seleknas harus tertunda.

Setelah sempat tertunda, kegiatan seleknas menuju Olimpiade Tokyo 2021 tersebut pun kali ini bisa terlaksana. Tepatnya pada 19-24 Oktober 2020, mengambil lokasi di Jakarta International Climbing Wall Park, Cakung, Jakarta Timur.

Dalam pandangan Akhmad, seleknas panjat tebing junior ini merupakan ajang pencarian bibit untuk bisa dibina jangka panjang oleh FPTI Pusat. Termasuk juga berpotensi bisa turun di kualifikasi Olimpiade Tokyo, setelah pesta olahraga empat tahunan tersebut harus ditunda satu tahun, akibat pandemi covid-19.

“Jadi untuk penilaian masuk atau tidaknya seleksi ini bukan dilihat dari hasil manjat saja tetapi banyak aspek penilaian nya,” ucapnya seperti dilansir dari Klikkalsel.com

Diterangkan pula oleh Akhmad, bahwa ada empat poin utama penilaian dalam agenda seleknas kali ini. Yaitu tes kesehatan di Royal Sport Senayan City, tes fisik di Stadion Rawangmangun, Tes Psikologi di Hotel Santika Premiere Harapan Indah dan Tes skill panjat tebing di Jakarta International Climbing Park, Cakung, Jakarta Timur.

Kali ini Akhmad juga menerangkan, ada enam atlet asal Kalsel yang mengikuti seleknas, mereka adalah: tiga atlet putra, M Firdan, M Rezky Azhar dan Ferza Fernanda, serta tiga atlet putri:  Putri Zeriflita, Aura Anjani dan Andhika Nabila. Mereka diharapkan Akhmad bisa mendapatkan hasil terbaik dan lolos ke fase berikutnya pada seleknas kali ini, yang hanya menyediakan kuota 4 atlet putra dan 6 atlet putri.

“Kita terus optimis hingga hari ini, di seleknas atlet kita mampu menampilkan kemampuan terbaiknya,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here