Dipertandingkan Internasional, Ternyata Jajaran Olahraga Ini Asli Indonesia

0
Sumber gambar: Bolasport.com

Setiap orang pasti mengenal olahraga paling populer di dunia, seperti sepakbola, bola voli, basket ataupun bulutangkis. Namun nyatanya ada olahraga asli Indonesia yang belum banyak diketahui oleh masyarakatnya padahal dipertadingkan di event internasional. Apa saja itu, berikut deretan olahraga asli Indonesia seperti dilansir dari kumparan.com (31/10/18).

1. Sepak Takraw
Belum banyak orang tahu jika olahraga ini merupakan olahraga asli Indonesia yang sudah dipertandingkan di event olahraga tingkat internasional. Beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Laos, Philipina dan Thailand mengklaim olahraga tersebut milik mereka.
Ditemukan pada masa Kesultanan Melayu, sekitar abad ke-15, permainan sepak takraw terbilang unik, yakni menyepak bola dengan metode permainan seperti bola voli.

2.Pencak Silat
Setiap orang Indonesia pasti sudah mengenal olahraga ini, ya pencak silat diperkirakan muncul pada abad ke-7 masehi. Diera itu banyak kisah pendekar pendekar dari kerajaan Sriwijaya dan Majapahit dikenal ahli dalam hal beladiri maccam pencak silat.
Kisah para pendekar itu sangat terlihat jelas di artefak candi Borobudur dan candi Prambanan. Hingga kini olahraga bela diri asli Indonesia itu dijadikan salah satu cabang olahraga pada ajang Internasional.

3.Karapan Sapi
Karapan Sapi merupakan Olahraga balap ekstrim dengan binatang asli Indonesia, olahraga ini berasal dari Madura, Jawa Timur. Olahraga ini seringkali dilombakan pada bulan-bulan tertentu seperti bulan Agustus hingga Oktober.

Biasanya cara mainnya adalah dengan sepasang sapi yang akan menarik kereta dari kayu tempat joki mengendalikan mereka. Kemudian, mereka akan beradu cepat dengan sapi tandingan lainnya.

4.Pachu jalur
Untuk di sektor air, Indonesia juga memiliki olahraga asli yakni pacu jalur. Olahraga ini adalah perahu dayung tradisional yang berasal dari Riau. Olahraga ini menggunakan perahu dengan panjang kurang lebih 25-40 meter dengan total awaknya sekitar 40 sampai 60 orang.

Awalnya pacu jalur diselenggarakan di kampung-kampung sepanjang Sungai Kuantan untuk memperingati hari besar Islam seperti Maulid Nabi Muhammad SAW, Idul Fitri, atau Tahun Baru Muharam. Sangat menggembirakan karena sekarang olahraga pacu jalur sudah masuk ke dalam ajang tahunan nasional yang diadakan setiap tanggal 23-26 Agustus.

5.Lompat Batu.
Lompat batu sebenarnya merupakan tradisi masyarakat Pulau Nias. Mereka awalnya melakukan tradisi itu sebagai persiapan sebelum perang.

Masyarakat Nias juga meyakini bahwa siapapun pemuda Nias yang berhasil melakukan tradisi lompat batu akan dianggap sudah dewasa dan matang secara fisik sehingga dapat segera melangsungkan pernikahan. Dan, ternyata hal tersebut merupakan sebuah kebanggaan bagi para pemuda Nias dan juga keluarga mereka.

6.Pathol
Olahraga yang satu ini memang belum banyak diketahui orang. Pathol sendiri dideskripsikan sebagai olahraga sejenis gulat tradisional yang berasal dari Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Mulanya olahraga ini merupakan acara sayembara untuk mencari ksatria terbaik yang bisa menjaga pelabuhan Tuban yang pada waktu itu ramai oleh perompak dan penyamun.
Untuk waktunya sendiri, gulat pathol biasanya diadakan di pesisir pantai menjelang bulan purnama atau bahkan pada hari-hari khusus seperti upacara sedekah laut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here