Diganggu Wabah Corona, Tim Taekwondo Indonesia Tetap Fokus Kejar Tiket Olimpiade

0
Logo Olimpiade. (Sumber Gambar: Bola.com/AFP/Raphael Alves)

Asa Tim Indonesia cabor Taekwondo untuk secepatnya bisa mengunci tiket ke Olimpiade Tokyo 2020 harus tertunda, lantaran efek persebaran virus corona. Haslnya, pemusatan latihan (TC) dan uji coba yang direncanakan ke berbagai turnamen di Korea Selatan pada Maret 2020 ini terpaksa harus batal.

Disampaikan oleh Ketua Harian Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PB TI), Musa Anthony Siregar, program TC dan uji coba bagi tim Pelatnas Taekwondo di Korsel sudah dipastikan tidak akan bisa terlaksana.

“Sebab, sudah ada larangan masuk dari pemerintah Korsel terhadap warga negara lain dan tempat latihan yang biasa kita gunakan pun sudah ditutup untuk sementara. Begitu juga dengan kampusnya,” kata Musa Anthony Siregar yang ditemui saat acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) National Olympic Committee (NOC) Indonesia) di Hotel Sheraton Jakarta, Senin (02/03), seperti dilansir dari Bola.com.

Meskipun sudah dipastikan tanpa pemusatan latihan ke Negeri Ginseng, PB TI tetap yakin akan bisa meloloskan atlet taekwondo mereka ke ajang Olimpiade Tokyo 2020. Apalagi Tim Taekwondo Indonesia yang diisi enam taekwondoin terbaik di Tanah Air tersebut dilatih langsung oleh pelatih asal Korea Selatan Ju Jae Hyeon.

“Ya, kita tetap optimis bisa meloloskan taekwondoin ke Tokyo meskipun persiapan menuju Olimpiade Tokyo 2020 hanya dilakukan di dalam negeri sehubungan adanya wabah virus corona,” tutur Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB TI, Yefi Triaji.

“Dan, kami juga yakin Ju Jae Hyeon bisa meningkatkan kualitas taekwondoin pelatnas Olimpiade sebelum tampil pada babak kualifikasi Olimpiade di Yaman, Jordania, 10-11 April 2020,” lanjutnya.

PB TI saat ini memang dituntut memfokuskan diri dalam menghadapi babak kualifikasi Olimpiade di Yaman yang akan menjadi jalan satu- satunya menuju Tokyo. Menurut Yefi, kehadiran Ju Jae Hyeon sebagai pelatih, bisa mematangkan teknik dan taktik para taekwondoin proyeksi Olimpiade.

“Dan, dia juga yang akan menentukan tiga taekwondoin terbaik yang bakal diterjunkan di Yaman nanti,” jelas Yefi sembari menyebut Indonesia terakhir kali menampilkan dua taekwondoin di Olimpiade Athena 2004 melalui Juana Wangsa Putri dan Satrio.

Tim Pelatnas Taekwondo Indonesia:
Kelas 49 kg putri: Mariska Malinda dan Aqila Aulia
Kelas 58 kg putra: M Bassam Raihan dan Farrel Fatra
Kelas 68 kg putra: Ibrahim Zaman dan Adam Yazid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here