Di Tengah Pandemi, Kempo Gelar Kejurnas Virtual, Memperebutkan Piala Menkominfo

0
Sumber Gambar: Pikiran Rakyat

Dunia kompetisi olahraga di Indonesia kembali bergeliat. Salah satunya dilakukan oleh Pengurus Besar Persatuan Kempo Indonesia (PB Perkemi) yang meggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Virtual Tandoku Shorinji Kempo, dengan tema “meraih prestasi di masa pandemi untuk Indonesia maju,”. Kejuaraan ini dibuka langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Johnny G Plate pada Kamis (13/08).

Disampaikan oleh Ketua Umum PB Perkemi Aswari Riva’I, bahwa kejuaraan pertama di masa pandemi ini akan memperebutkan Piala Menkominfo. Hal ini menurutnya, juga menjadi motivasi tersendiri bagi para kenshin (sebutan untuk atlet kempo) untukbisa memberikan yang terbaik bagi Indonesia, meskipun masih ada dalam suasana pandemi Covid-19.

“Kami menginginkan beladiri Kempo tetap bisa produktif dengan memberikan yang terbaik karena sejak Maret 2020, semua kegiatan latihan Shorinji Kempo terbelenggu,” kata Aswari kepada seperti dilansir dari Sindonews.com

Akibat dari pandemi Covid-19, memang banyak dojo yang terpaksa harus tutup dan para kenshi hanya bisaberlatih mandiri di rumah masing – masing secara terpisah.

Kejurnas Shorinji Kempo memang baru pertama kali dihelat secara virtual, meskipun begitu, menurut Aswari hal ini tidak akan menjadi masalah. Karena sebelumnya, sudah digelar simulasi. Hanya saja memang masih ada beberapa kendala. Seperti misalnya sinyal internet yang tidak stabil.
“Kendalanya yakni sinyal sehingga atlet dan official harus mencari sinyal yang kuat. Selain itu juga kendala kapasitas internet yang terbatas. Sehingga gerakan-gerakan KIHON atau gerakan dasar rangkaian pukulan, tendangan dan
tangkisan tidak maksimal yaitu gerakan putus-putus,” kata Aswari lagi.

Kejuaraan nasional Tandoku virtual Shorinji Kempo Indonesia2020 yang memperebutkan Piala Menkominfo  ini, diikuti, tidak kurang dari 240 kenshi kempo yang merupakan perwkilan dari 33 propinsi se Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here