Di Tengah Pandemi Edgar Xavier Kembali Mulai Berlatih

0

Atlet wushu andalan Tim Indonesia Edgar Xavier Marvelo mulai kembali turun berlatih. Latihan dilaksanakan di Sasana Rajawali Sakti yang berlokasi di Mal Pluit Village, Jakarta Utara mulai Minggu (02/08).

Atlet berusia 21-tahun tersebut memaparkan, bahwa sebenarnya dia masih belum benar – benar pecaya diri untuk latihan di luar rumah.

’’Ya kalau boleh jujur, sebenarnya masih takut. Karena jumlah korban Covid masih meningkat terus setiap harinya,’’ ujarnya seperti dikutip dari Jawapos.com.

Kekuatiran Edgar didasar pada masih terjadinya pandemi virus covid-19 di tengah masyarakat. Apalagi virus tersebut tidak mudah dideteksi.

Hanya saja, sebagai atlet profesional Edgar harus mampu mengalahkan rasa cemasnya, demi bisa kembali berlatih secara normal untuk meraih prestasi. Pewushu yang menyumbangkan dua emas di SEA Games Filipina 2019 tersebut, berjanji akan menjalankan seluruh instruksi dari tim pelatih dan pengurus Wushu Indonesia.

’’Percaya saja semoga semua protokol dijalankan,’’ harapnya.

Selama ini, Edgar memilih berlatih mandiri. Dimana, dia harus selalu mengirimkan video latihan ke pelatih untuk mendapat penilaian. Disamping menyerap latiha rutin, Edgar juga acapkali melakukan update gerakan. Seperti butterfly twist. Yaitu gerakan melompat yang kemudian memutar dengan posisi tubuh horizontal. Salah satu gerakan yang dinilai nya paling sulit.

Kondisi sekarang, semua kejuaraan wushu di berbagai level memang sedang berhenti akibat pandemi. Salah satu ajang paling penting di tahun 2020, yaitu PON juga harus mundur sampai tahun depan.

Namun, tanpa mengikuti kejuaraan apapun, Edgar menjamin fisiknya tidak menurun, hal tersebut karena latihan yang selama ini dijalani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here