Debut BMX Freestyle di YOG 2018 dan Potensi Indonesia 

0
Sumber Gambar: www.insidethegames.biz

Youth Olympic Games (YOG) 2018 jadi momen bersejarah bagi salah satu nomor balap sepeda. Setelah untuk kali pertama, nomor BMX Freestyle dilombakan di ajang yang juga disebut sebagai Olimpiade Remaja ini. Debut BMX gaya bebas ini jadi semakin berkesan, setelah dipastikan nomor lomba yang sama akan dihelat pada Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

Seperti dilansir dari Olympic.org, selain menjalani debut bersejarah. Nomor BMX Freestyle juga mendapatkan sentuhan inovasi di YOG 2018. Dimana kali pertama, turnamen digelar dalam model tim campuran, yang mempertemukan delapan pasangan. Setia pasang diisi satu pebalap laki – laki, dan satu pebalap perempuan.

Lomba perdana ini diikuti oleh Rusia, Argentina, Jepang, Jerman dan juga Latvia. Hanya saja, pada perlombaan bersejarah ini Indonesia tidak ikut serta. Sebenarnya hal ini patut disayangkan, karena selama ini BMX jadi salah satu nomor andalan Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) di berbagai multi event.

Adalah, Elga Kharisma Novanda yang juga alumnus YOG 2010, yang jadi andalan Indonesia selama ini. Tapi Elga tidak memainkan nomor BMX Freestyle, atlet asal Kota Malang ini justru dikenal sebagai Ratu BMX di nomor lomba race.

Namun memang, Indonesia sendiri, masih belum memiliki atlet di nomor BMX Freestyle, karena terhitung baru. Kebanyakan atlet BMX Indonesia, berlaga di nomor BMX Race.
Hanya saja, dengan tingginya animo BMX Freestyle selama ini di berbagai kota di Indonesia, jelas tim Indonesia sebenarnya punya potensi besar, khususnya di event – event mendatang, seperti pada Olimpiade Tokyo 2020.

Seperti kita ketahui, di Indonesia, BMX Freestyle sudah akrab dimainkan di jalanan, bahkan  di lombakan di berbagai kompetisi permainan ekstrem, baik level lokal, maupun nasional. Hanya saja, kini tinggal menanti kerja keras dari ISSI untuk bisa melakukan pembibitan dan penggalian potensi untuk nomor lomba yang satu ini. Sehingga pada gelaran lomba yang akan datang, Indonesia tidak perlu lagi absen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here