Dayung Tetap Gelar Pelatnas di Tengah Pandemi Covid-19 dan Pengunduran Olimpiade

0
Sumber Gambar: waspada.id

Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODS) berkomitmen untuk tetap menggelar pelatnas yang sudah berlangsung sejak Januari 2020 lalu, meskipun Komite Olimpiade Internasional (IOC) sudah memastikan bahwa Olimpiade Tokyo 2020 akan diundur setahun ke depan.

Dipaparkan Wakil Ketua Umum PB PODS, Budiman Setiawan, pelatnas saat ini diisi 16 atlet, yang terdiri dari 8 atlet dayung dan 8 atletk kano.”Dipusatkan di Jatiluhur dan Cikole. Sementara, kami pusatkan dulu di Jatiluhur untuk memudahkan pengendalian,” kata Budiman, seperti dikutip dari Tempo.co.

Budiman juga menjelaskan, bahwa model pelatnas seperti yang sebelumnya sudah dijalankan, dengan membagi atlet di Situ Cileunca, Pangalengan tidak lagi bisa dilaksanakan, karena pandemi covid-19 yang meluas.

Ditambahkannya, pelatnas akan tetap melaksanakan protokol kesehatan, serta dalam pengawasan ketat tim medis PB PODSI yang langsung dipimpin dokter Heni.

“Kami juga melakukan pengawasan kesehatan dengan menjaga kebersihan dan prosedur yang disarankan pemerintah,” kata Budiman.

Terkait dengan jadwal perlombaan, menurut Budiman, jika tidak ada penundaan lagi maka agenda paling dekat adalah kualifikasi Olimpiade yang akan dilaksanakan di Thailand pada bulan Desember 2020.

“Hasil komunikasi kami dengan international federation dan tuan rumah kualifikasi olimpiade (Thailand) untuk kano, akan di-reschedule bulan Desember tahun ini juga,” kata dia. Pihaknya juga masih menunggu keputusan kualifikasi olimpiade untuk nomor dayung.

“Rowing belum ada gambaran apakah tahun ini atau tahun depan,” kata dia.

Meskipun Olimpiade sudah pasti mundur, tapi Budiman menyampaikan bahwa, akan tetap ada beberapa kejuaraan internasional yang bisa dilangsungkan, tentu dengan catatan pandemi covid-19 sudah mereda.”Hal itu belum diputuskan, perkembangan akan kami laporkan secara berkala kepada KOI dan Kemenpora,” ujarnya.

Maka ditegaskan oleh Budiman, bahwa pelatnas dayung akan tetap berjalan, meski Olimpiade mundur, karena juga masih ada agenda Asian Beach Games pada November 2020 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here