Dayung Tetap Gelar Pelatnas Demi Asian Beach Games 2020

0
Sumber: Viva.co.id

Pengurus Besar Persatuan Cabang Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) menyatakan, bahwa program pelatihan nasional (Pelatnas) tidak akan terputus, dan akan dilaksanakan secara terpusat di Waduk Jatiluhur, meskipun pandemi covid-19 belum reda, dan berbagai event juga tertunda pelaksanaannya.

“Kita Pelatnas nggak pernah berhenti, terus berlangsung sejak Januari. Sekarang dipusatkan di Jatiluhur,” ujar Wakil Ketua Umum PB PODSI Budiman Setiawan, seperti dilansir dari Tempo.co.

Budiman memaparkan, karena dilaksanakan di tengah pandemi, sehingga PODSI juga selalu melaksanakan protokol kesehatan yang ketat, demi bisa menghindarkan anggota tim dari terpapar virus corona. Para atlet khususnya, juga langsung diawasi oleh tim dokter yang ahli.

Pada Pelatnas dayung, saat ini ada 16 atlet yang bergabung. Terdiri dari delapan atlet rowing dan delapan atlet kano.

“Mereka sudah menggelar Pelatnas sejak 1 Januari,” imbuh Budiman.

Walaupun Olimpiade Tokyo batal dilaksanakan pada 2020, dan ditunda satu tahun, namun Pelatnas dayung tetap digelar, demi persiapan menghadapi kejuaraan Asian Beach Games yang rencana diadakan di Sanya, China pada November 2020 mendatang, dan masih belum ada perubahan jadwal, 

Sementara, berbagai event internasional lain, seperti kualifikasi Olimpiade di Thailand dan Korea yang sedianya berlangsung pada Maret dan April 2020 harus ditunda.

“Asian Beach Games masih sesuai jadwal belum ada keputusan pengunduran. Namun event lain jadi tahun depan,” ucapnya.

Sebelumnya di SEA Games 2019 Filipina, Tim Indonesia untuk cabor dayung berhasil menunjukkan capaian prestasi yang membanggakan. Mereka berhasil meraih 10 medali emas, tiga perak dan tiga perunggu. Hasil ini melampaui target yang ditetapkan sebelumnya, yaitu lima medali emas. 

Sementara dalam Olimpiade Tokyo, Pasukan Merah Putih menargetkan bisa meraih tiket untuk empat nomor lomba, yaitu dia di nomor rowing dan dua lagi untuk kano.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here