Dayung Tak Berani Patok Target Medali di SEA Games 2019

0
ANTARA FOTO/INASGOC/Nova Wahyudi

Tim Pelatnas Dayung Rowing Indonesia berhasil meraih satu medali emas dan satu medali perunggu pada Kejuaraan Dayung Rowing Asia 2019 di International Rowing Regatta, Danau Tengeum, Chungju, Korea Selatan, Minggu 27 Oktober 2019 lalu. Pretasi tersebut menjadi modal berharga untuk menghadapi SEA Games 2019 Filipina, akhri November ini.

Dilansir dari Akurat.co, dalam ajang tersebut indonesia mengikuti enam nomor. Yakni kelas ringan tunggal putra (LM1X), kelas ringan ganda putra (LM2X), ganda putra tanpa kemudi (M2-), kelas ringan tunggal putri (LW1X), kelas ringan ganda putri (LW2X), dan ganda putri tanpa kemudi (W2-). Dari enam nomor tersebut Indonesia berhasil mendulang medali emas di nomor ganda putra tanpa kemudi (M2), yang diwaikili pasangan dayung Ferdy dan Dendry. Keduanya menjadi yang terbaik dengan catatan waktu 6 menit 48,17 detik.

Serta medali perunggu di nomor ganda putra kelas ringan (LM2X), yang diwakili pasangan Maherdrayanto dan Irham. Kedunya mencatatkan waktu 6 menit 47,32. Indonesia sendiri memang memiliki potensi yang besar dari cabor Rowing. Hal tesebut bisa dilihat dari perolehan medali Asian Games 2018 silam. Dari 15 nomor yang dipertandingkan Indonesia mampu mengantongi dari perolehan satu emas , dua perak, dam dua perunggu. Dengan rincian.

Dengan torehan tersebut Cabor Rowing layak percaya diri untuk mendulang medali pada SEA games 2019. Namun Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) tidak mau sesumbar terlalu banyak.

Masalah keuangan disebut-sebut sebagai kendala utama. Bahkan mereka sampai membatasi jumlah nomor yang diikuti.

“Dalam Kejuaraan Asia 2019 ini, tim Pelatnas PODSI hanya mengikuti 6 nomor yang dilombakan dalam SEA Games Filipina, November 2019, karena tidak punya cukup dana, dan tujuannya hanya untuk melihat peta kekuatan dayung rowing di Asia Tenggara saja,” kata Budiman dikutip dari sumber yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here