Dari Berkuda Untuk Indonesia

0

Di Incheon, kontingen berkuda Indonesia menorehkan sejarah. Untuk pertama kalinya, sejak keikutsertaan kontingen berkuda di Asian Games, kontingen berkuda menyumbangkan medali untuk Indonesia. Medali perunggu yang didapat Indonesia di Dream Park Equestrian Venue, Incheon ini, disumbangkan Larasati Gading di nomor tunggang serasi.

Cabang berkuda adalah olahraga tradisional yang menjadi olahraga modern dan dipertandingkan di Olimpiade. Di bawah organisasi benama Fédération Équestre Internationale, cabang berkuda mulai dipertandingkan di Olimpiade pada 1900 di Paris, Perancis. Cabang ini kemudian dipertandingkan di Asian Games mulai tahun 1982 di India.

Karena melibatkan kuda sebagai bagian dari pertandingan, panitia telah menyiapkan sarana-sarana pendukung pertandingan. Panitia telah menyiapkan zona karantina bagi kuda-kuda yang akan dipakai dalam pertandingan equestrian serta moda transportasi untuk mengangkut kuda dari negara asal hingga ke arena pertandingan.

Di Asian Games 2018, cabang ini akan memperebutkan 6 medali emas dari nomor tunggang serasi, lompat rintang, dan kombinasi. Cabang berkuda akan digelar di Jakarta International Equestrian Park, Pulo Mas, Jakarta Timur, yang pembangunannya menelan biaya 417 Milyar Rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here