Cerita Greysia Polii Meraih Emas Setelah 14 Tahun SEA Games

0

Cabang olahraga bulutangkis di SEA Games Filipina 2019 memunculkan kisah menarik. Adalah atlet bulutangkis senior Greysia Polii yang berpasangan dengan Apriyani Rahayu yang berhasil meraih emas, setelah menang dari ganda putri Thailand Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong (21-2, 21-18) di Muntinlupa Sports Complex, Metro Manila, Filipina.

Rupanya, ini adalah emas perdana bagi Greysia Polii di ajang SEA Games setelah 14 tahun keikutsertaannya. Sebelum – sebelumnya Greysia maksimal hanya mendapatkan perak.

“Setelah 14 tahun, akhirnya saya bisa dapat medali emas. Sebelumnya paling bagus dengan medali perak. Rasanya senang dan bersyukur sekali. Ini menjadi batu loncatan buat kami, semoga kedepannya lebih baik lagi,” kata Greysia dilansir dari twitter situs PBSI, Selasa 10 Desember 2019.

Greysia memulai debutnya di SEA Games pada 2005 juga di Filipina. Kala itu, ia meraih medali perak ketika berpasangan dengan Jo Novita. Greysia/ Jo kalah dari pasangan Malaysia Wong Pei/ Chin Pei Hui di pertandingan puncak.

Lanjut ke tahun 2007, masih dengan Jo, Greysia lagi – lagi juga hanya bisa membawa pulang medali perak dari multi event yang saat itu diadakan di Thailand. Greysia/ Jo kalah dari pasangan Indonesia lainnya Liliyana Natsir/ Vita Marissa di babak final.

Pada 2009, di SEA Games Laos, kali ini Greysia berganti pasangan dengan Nitya Krishinda. Namun sayang, pasangan ini gagal meraih medali. Keduanya hanya maksimal mencapai babak perempat final. Greysia/ Nitya dikalahkan pasangan Amitrapai/ Vacharaporn Munkit (Thailand) dengan skor 19-21, 21-7, 10-21 di babak perempat final.

Pada SEA Games 2011 di Jakarta, dengan menyesal Greysia harus absen karena cedera. Ia kembali bisa membela Tim Indonesia pada SEA Games 2013 di Myanmar. Kembali berpasangan dengan Nitya, namun keberuntungan masih belum juga ada di sisi Greysia. Kembali ia harus puas dengan medali perak, setelah di final harus mengakui keunggulan pasangan Malaysia Woon Khe/ Vivian Hoo.

Sempat kembali absen di SEA Games 2015 Singapura, Greysia kembali membela skuat Merah Putih dua tahun berikutnya di Malaysia pada 2017. Dimana di SEA Games 2017 ini, Greysia yang berpasangan dengan Apriyani, justru harus pulang lebih awal, setelah di babak pertama kalah dari Jongkolphan Kititharakul/ Rawinda Prajongjai (Thailand).

Baru pada SEA Games 2019 Filipina, Greysia dengan Apriyani berhasil meraih medali emas dan mengharumkan nama Indonesia di pentas Asia Tenggara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here