Cek Kondisi Terbaru Atlet, BMX Gelar Tes

0
Sumber Gambar: https://www.harianterbit.com

Nomor BMX dari cabang olahraga balap sepeda, mulai bergerak dalam rangka pelaksanaan pelatnas. Tim Nasional BMX menggelar tes peak power di Banyuwangi Jawa Timur, untuk memantau kondisi terbaru para pembalapnya. Karena, selama tiga bulan terakhir, para atlet BMX tidak bisa berlatih maksimal, karena pandemi covid-19.

“Rutinitas (peak power) itu mestinya tiap bulan ada, cuma karena keterbatasan peralatan, saya bawa peralatan itu sebenarnya punya track,” kata pelatih kepala timnas balap sepeda Dadang Haris Purnomo, dilansir dari Pikiran Rakyat.

Ada enam pembalap BMX nasional yang mengikuti tes tersebut.Mereka ialah, I Gusti Bagus Saputra, Rio Akbar, Toni Syarifudin, Pasha, Jasmine Azzahra dan Amellya Nursyifa.

“Anak-anak tiga bulan tidak pernah latihan weight training. Hampir tiga bulan off karena fitness centre di Banyuwangi tutup. Saya perlu tahu seberapa sih penurunan (kondisi) anak-anak,” imbuh Dadang.

Sedangkan kegiatan pengukuran dilakukan dengan memanfaatkan sepeda statis Wattbike Model B, selanjutnya para atlet, akan bergantian mengayuh sepeda tersebut semaksimal mungkin, dalam waktu enam detik saja.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Dadang, bahwa enam atlet tersebut, sekarang harus bisa berlatih dengan menyesuaikan terhadap situasi yang ada, yaitu dengan banyak keterbatasan. Apalagi, hingga sekarang pusat – pusat kebugaran di Banyuwangi masih banyak yang belum beroperasi, lantaran pandemi covid-19.

Dadang pun belum bisa memaparkan program latihan secara terperinci, khususnya menyambut babak kualifikasi Olimpiade Tokyo. Hal tersebut akibat pandemi covid-19 yang membuat banyak turnamen jadi batal, dan tim BMX tak lagi bisa berlaga.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here