Cedera Sulitkan Pelari Emilia Nova Untuk Lolos Ke Olimpiade 2020

0
Sumber Gambar: jawapos.com

Harapan pelari gawang Emilia Nova untuk tampil di Olimpiade 2020 Tokyo terancam sirna, lantaran cedera yang dialaminya, hingga saat ini belum bisa pulih seratus persen.

Emilia Nova, sejatinya memang punya peluang untuk bisa lolos ke Olimpiade 2020 Tokyo. Ia hanya perlu untuk bisa memperbaiki catatan waktunya selama ini.

Emilia saat ini tercatat memiliki waktu terbaik 13.59 detik. Hasil tersebut diraihnya saat memenangkan medali emas di Malaysia Open 2019 lalu.

Sedangkan untuk bisa melenggang ke Tokyo, Emilia wajib untuk bisa memenuhi limit waktu lari gawang putri Olimpiade yaitu, 12,84 detik. Berarti dia harus bisa memperbaiki catatan waktunya sekarang 1,5-1,8 detik lebih cepat, sehingga bisa mengamankan satu tiket ke Olimpiade 2020.

Namun hal tersebut bisa jadi sulit dilakukan Emilia. Sebab pelari asal Jakarta tersebut hingga sekarang masih belum benar – benar pulih dari cedera plantar facitis di bagian tumit kakinya. Cedera yang sama juga mengganggu persiapan Emilia pada Sea Games Filipina 2019 lalu, Namun dengan semangat tinggi, Emilia tetap berhasil mempersembahkan emas bagi Indonesia di ajang dua tahunan tersebut.

“Kalau peluang untuk lolos, saya realistis saja. Saya tetap percaya sama kemampuan Emil. Tapi dengan limit 12,84 detik agak sulit untuk dikejar hingga bulan Juli, sementara ini sudah bulan Januari,” kata pelatih lari gawang PB PASI Ongky Haryadi, seperti dilansir dari Antvklik.

Ongky menyebut bahwa kondisi Emilia memang belum maksimal. Atlet berusia 24 tahun tersebut kadang masih merasa tidak nyaman pada bagian yang mengalami cedera tersebut.

Oleh sebab itu, Ongky tidak akan membebani target berat untuk bisa lolos ke Olimpiade. Ia khawatir Emilia justru terlalu memaksakan diri, dan membuat kondisi cedera nya bisa lebih buruk lagi.

Tidak lama lagi Emilia akan bertanding di kejuaraan atletik Asia Indoor di Hangzhou China, dengan turun di nomor lari gawang 60 meter putri. Pada kejuaraan tersebut, Emilia ditarget mampu memecahkan rekor lari gawang indoor yang saat ini masih dipegang oleh Dedeh Herawati.

“Harapannya mudah-mudahan (Emilia Nova) bisa pecah rekor di indoor. Ini akan jadi pengalaman baru untuk Emil karena ia baru pertama kali ikut indoor,” ujar Ongky lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here