Cara I Gede Siman Sudartawa, Aman Berlatih Renang, Selama Pandemi Covid-19

0

Salah satu jagoan renang Tim Indonesia, I Gede Siman Sudartawa, memang tidak berhenti berlatih, meskipun di tengah pandemi covid-19, yang memaksa sejumlah latihan olahraga harus berhenti, termasuk pemusatan latihan renang. 

Berbagai cara dan protokol memang dilakukan Siman untuk bisa tetap aman berlatih selama pandemi covid-19. Setidaknya ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh peraih empat medali emas SEA Games 2011 tersebut, sebelum memulai latihan.

Seperti juga cabor yang lain induk organisasi renang Indonesia, PRSI juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat, demi para perenang tidak terpapar covid-19. Dijelaskan Siman, sebelum mulai berlatih, dia terlebih dahulu melakukan sejumlah hal. Mulai dari pengecekan suhu tubuh, serta mengenakan masker sebelum dan sesudah berlatih di kolam renang.

“Rata-rata kita pribadi melakukan tes dulu, kemudian baru mulai latihan. Setelah latihan kita juga tidak ada interaksi sama teman-teman. Latihan beres, kemudian beberapa ada yang langsung pulang, beberapa mandi, tetapi bergantian. Jadi, benar-benar ada social distancing,” ujar Siman seperti dilansir dari Okezone.com.

“Untuk renang, saya pribadi latihannya jadi dua sampai tiga kali per minggu. Sesinya di pagi hari dari jam 06.00-08.00. Perlintasan itu, kalau kemarin-kemarin satu orang satu lintasan. Jarak lintasan 2 meter, jadi memenuhi syarat agar virus tak menular,” sambungnya.

Lebih jauh, perenang asal Bali tersebut menyampaikan, bahwa kolam untuk latihan yang digunakan tersebut memang belum dibuka untuk umum. Hal tersebut dinilai Siman adalah keputusan yang bagus, karena jadi bagian dari syarat keamanan dan protokol kesehatan yang memang harus disiplin dilaksanakan

“Kolam renang juga tak terbuka untuk umum, jadi untuk pelatnas saja. Jadi, aman. Begitu mau masuk kolam, kita cek suhu, menggunakan masker, dan segala macam,” tandas Siman.

Khususnya untuk atlet putri, PRSI memang sudah kembali menggelar Pelatnas di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Jakarta. Pelatnas yang digelar mulai awal pekan lalu tersebut, dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here