BTN Targetkan Pelatnas Basket Bisa Mulai Pertengahan Juli

0
Arki Dikania Wisnu, sumber: www.smartgilasbasketball.com

Pengurus Pusat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) masih belum menentukan tanggal pasti untuk memulai Pelatnas, meskipun mereka sudah mengantongi restu dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Menurut Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan Badan Tim Nasional (BTN) untuk bisa memastikan rencana pemusatan latihan di tengah masa transisi kenormalan baru pandemi covid-19.

Hingga sekarang, Danny mengatakan bahwa Perbasi terus melakukan penyusunan protokol kesehatan da pemusatan latihan.

“Timnas kami sudah merencanakan untuk memulai latihan lagi, tetapi saya sampaikan kemarin ke BTN untuk mengatur bagaimana pola terbaiknya,” ujar Danny.

“Karena jika timnas sudah latihan kembali, besar kemungkinan teman-teman di daerah akan mengikuti,” katanya menambahkan.

Aktivitas pemusatan latihan Tim Indonesia untuk basket putra memang sudah distop sejak Maret, menyusul ditangguhkannya status kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2020, akibat pandemi covid-19.

Timnas Basket yang mengenakan nama Indonesia Patriots juga ikut dalam IBL 2020, sebagai media untuk lebih banyak memberikan jam terbang secara kontinyu.

Begitu IBL ditangguhkan per akhir Mei, pelatih kepala Timnas basket, Rajko Toroman juga langsung pulang ke negaranya Serbia, setelah sebelumnya dia tertahan lama di Indonesia, akibat pengetatan moda transportasi oleh pemerintah.

Sementara, salah satu anggota BTN Sofie Emilia mengatakan bahwa diharapkan pada pertengahan Juli aktivitas Pelatnas basket diharapkan sudah bisa kembali dimulai.

“Rencananya kembali pada Juli awal, tetapi karena kondisi pandemi ini, mudah-mudahan pertengahan Juli jika sudah memungkinkan pelatnas akan berjalan lagi,” ujarnya.

“Saat ini pemantauan oleh para pemain tetapi tetap dilaksanakan di jajaran pelatih, termasuk Coach Toro meski dia ada di negaranya,” kata Sofie melengkapi.

Disamping itu BTN juga masih terus memberikan pengawalan ketat kepada proses naturalisasi dua pebasket, Lester Proper dan Brandon Jawato, yang diharapkan mampu menambah kekuatan Timnas, demi meraih target lolos ke putaran final Piala Dunia FIBA 2023.

Sejauh ini Timnas putra sudah dua kali mengalami kekalahan di dua laga pertamanya pada fase kualifikasi Piala Asia FIBA 2021. Kekalahan tersebut didapatkan dari Korea Selatan dan Filipina.

Selanjutnya, Pasukan Merah Putih akan bertandang ke Thailand dalam windows kedua, kualifikasi Piala Asia FIBA 2021, pada 27 November 2020, dan ke Korsel tiga hari berselang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here