BMX Indonesia Optimis Bisa Sumbangkan Atletnya di Olimpiade 2020 Tokyo

0
Sumber Gambar: https://www.harianterbit.com

Pelatih kepala tim nasional balap sepeda Indonesia, Dadang Haris Purnomo optimis bisa meloloskan atletnya ke Olimpiade 2020 di Tokyo. Saat ini Indonesia bercokol di peringkat ke-19 dunia. Untuk bisa berpartisipasi Indonesia akan menggunakan metode peringkat negara. Dimana mereka minimal harus bisa mencapai posisi 11 besar.

Dadang optimis dengan 10 kejuaraan pra-kualifikasi yang tersisa hingga April mendatang, timnya bisa menyumbangkan wakil untuk berpartisipasi.

“Kalau liat posisi, kita sih masih ada kans. Kita masih ada event (kejuaraan) di Indonesia sendiri dari UCI (Federasi Balap Sepeda Internasional) yang semuanya punya poin olimpik,” kata Dadang seperti dinukil dari Antara.com.

Dari 10 kejaran tersebut, enam diantaranya akan diselenggarakan di Indonesia. Dengan rincian empat seri berkategori Class One (C1), Satu seri berlevel Hors Class (HC) dan satu kejuaraan Asia.

Seri tersebut antara lain Kejuaraan Nasional Balap Sepeda, Jakarta International BMX, Banyuwangi International BMX dan Asian BMX Championship. Ini jelas menjadi keuntungan tersendiri bagi Dadang dan timnya yang sudah paham dengan kondisi medan di Indonesia.
Selain itu tim BMX Indonesia juga akan berlaga di Kejuaraan BMX Supercross 2020 yang akan diselenggarakan di Shepparton dan Bathurst, Australia pada awal Februari mendatang.

Sementara itu untuk bisa lolos olimpiade, tim BMX indonesia akan mengandalkan tiga atlet terbaiknya, yakni I Gusti Bagus Saputra (no 43 dunia), Rio Akbar (no 50 dunia) dan Toni Syarifudin (no 177 dunia).

Sayangnya dari ketiga atlet tersebut kemungkinan hanya satu saja yang bisa dikirimkan. Jika ingin mengirimkan lebih dari satu atlet, Indonesia harus finish di peringkat 3-5.

Sementara dari ketiga atlet tersebut hanya Toni Syarifudin yang pernah merasakan atmosfer Olimpiade, tepatnya pada Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro Brasil. Ia menjadi pembalap sepeda BMX Indonesia pertama dan masih satu-satunya yang berhasil ikut serta di pesta olahraga terbesar seluruh dunia tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here