Bikin Kejutan, Pemanah Sumedang Bikin Jawara SEA Games Tersungkur

0

Pada Pekan Olah Raga Daerah (Porda) XIII/2018 di Kabupaten Bogor, prestasi apik berhasil ditorehkan salah satu atlet panahan putri asal Kabupaten Sumedang Ratih Zilizati Fadhly dengan keberhasilannya menyabet medali emas di ajang tersebut. Berlangsung di Lapangan Panahan Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (11/10/2018), Ratih yang sejak awal tak diunggulkan secara mengejutkan mampu tampil konsisten di partai final.

Menariknya seperti dilansir dari Pikiranrakyat.com, Ratih berhasil mengungguli seniornya Sri Ranti yang merupakan merupakan juara SEA Games 2017 cabang panahan. Atas pencapaiannya tersebut, Ratih pun merasa bersyukur bisa menorehkan catatan terbaiknya diajang Porda XIII/2018 itu. Apa lagi aku Ratih, kemenangan ini menjadi pencapaian terbaik di arena panahan, sekaligus menebus kegagalannya pada Porda XII/2014 di Kabupaten Bekasi.

Saat itu, dia harus puas mendapatkan medali perak setelah dikalahkan oleh Sri Ranti pada final compound perseorangan putri.

“Gugup sudah pasti karena Sri Ranti adalah senior saya, dia sudah main panah lebih lama, bahkan meraih medali emas SEA Games dan tampil di Asian Games juga. Tapi saya mencoba fokus dan sepenuhnya berkonsentrasi, berdoa juga tentunya. Main lepas saja dan yakin bisa, hasilnya alhamdullilah (emas),” kata Ratih.

“Ini pencapaian tertinggi saya di Porda. Sebelumnya di bawah Sri Ranti, rekan main saya waktu meraih perak PON 2016,” kata atlet berusia 21 tahun tersebut.
Medali emas yang diraih oleh Ratih merupakan medali emas perdana bagi Kabupaten

Sumedang setelah delapan dari 12 nomor panahan rampung digelar. Pelatih Panahan Kabupaten Sumedang Dennie Novijanto mengakui, keberhasilan Ratih mengalahkan Sri Ranti menjadi kejutan.

“Ratih sebenanrya bukan unggulan kami untuk peraih emas awalnya hanya diproyeksikan meraih medali perak karena dia satu nomor dengan juara SEA Games. Tapi  olah raga selalu menghadirkan kejutan dan kami bersyukur karena keberhasilan Ratih merupakan kejutan itu,” kata Dennie.

Sementara itu, pada Porda XIII/2018 ini disediakan total 12 medali emas untuk diperebutkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here