Bersandar Kepada Atletik di Asian Games Pertama

0
shutterstock.com

Sebanyak dua cabang olah raga mengiringi partisipasi Indonesia di Asian Games pertama yang digelar di New Delhi, India, pada tahun 1951. Mereka adalah atletik dan sepakbola. Dari kedua cabang yang dikirim ke negara anak benua itu, atletik berhasil menjadi penyumbang seluruh medali yang didapat Indonesia saat itu.
Di Asian Games edisi pertama ini, atletik memainkan 33 nomor kejuaraan. Dari sekian nomor yang dipertandingkan di National Stadium, tim atletik Indonesia berhasil meraih medali di 5 nomor, yaitu lompat tinggi putra, lompat jangkit putra, lempar lembing putra, lempar cakram putri, dan estafet 4×100 putri.
Medali pertama buat Indonesia didapat oleh Maram Sudarmodjo dari Lompat Tinggi. Di cabang Lompat Jangkit, Hendarsin meraih perunggu kedua bagi Indonesia setelah bersaing dengan 2 atlet asal Jepang. Kemudian A.F. Matulessy memberi perunggu ketiga dari cabang Lempar Lembing putra.
Di bagian putri, estafet 4×100 m memberikan perunggu lewat quartet Triwulan, Darwati, Surjowati, dan Lie Djiang Nio. medali perunggu terakhir diumbangkan Annie Salamun lewat cabang Lempar Cakram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here