Berhasil Hidupkan Kembali Tradisi Juara, PBVSI Amankan Posisi Mr. Li

0

Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) berencana memperpanjang kerjasama dengan Li Quijiang. Mereka merasa tangan dingin pelatih asal Negeri Tirai Bambu tersebut ambil bagian besar dalam kesuksesan Tim Voli Putra di SEA Games 2019 Filipina lalu.

Seperti diketahui Tim Voli Putra Indonesia berhasil membawa pulang medali emas. Di partai final di PhilSports Arena, Indonesia berhasil menunjukan tuan rumah Filipina dengan skor 3-0 (25-21, 27-25, dan 25-17).

Hebatnya lagi selama fase grup dan fase gugur Indonesia tidak pernah kecolongan satu set pun. Dengan kata lain Indonesia mendominasi dengan kemenangan yang sempurna di setiap pertandingannya.

Raihan tersebut bertambah istimewa pasalnya ini adalah medali emas pertama selama satu dekade terakhir.

Emas terakhir yang dirasakan Indonesia diraih pada tahun 2009 silam, saat itu tim juga ditangani oleh Li Quijiang.

Sedikit informasi saja, pelatih yang biasa disapa Mr. Li tersebut sudah tidak asing dengan Voli Tanah Air. Berkat tangan dinginnya ia berhasil mempersembahkan emas di SEA Games 1997, 2003, 2007, 2009, dan perak pada 2005 dan 2011. Ia juga pernah meloloskan Indonesia ke Asian Games XVI/2010 Guangzhou.

“Saya merasa, Mr. Li kembali menunjukkan tangan dinginnya sebagai seorang pelatih. Ia sosok yang pantas melatih tim putra. Sampai kapan ia di Indonesia? Tergantung bagaimana prestasinya nanti,” ujar Edy Wakil Ketua Umum PP PBVSI Irjen Pol. Edy Sunarno dilansir dari Topskor.id.

Sebagai pelatih Mr. Li dikenal sebagai sosok yang tegas dan tanpa kompromi. Ia tidak pandang bulu kepada anggota pemainnya. ia tidak ragu mengirim pemain ke bangku cadangan meskipun sekelas pemain bintang sekalipun.

Setelah SEA Games berakhir PP PBVSI sementara waktu mengembalikan semua atlet ke timnya masing-masing. Sementara Mr. Li akan diberikan tugas untuk memantau perkembangan pemain untuk kejuaraan Kualifikasi Olimpiade Tokyo yang terdekat.

Adapun untuk SEA Games 2021, Edy masih belum tahu. Namun pihak federasi sudah memberikan instruksi untuk melakukan persiapan sedini mungkin.

“Kami belum tahu SEA Games 2021 digelar bulan apa. Kalau pertengahan tahun, artinya tak sampai dua tahun lagi. SEA Games 2021 harus jadi perhatian sebab negara lain tentu ingin merebut emas kami,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here