Beach Handball Diprediksi Jadi Primadona di ANOC World Beach Games Qatar

0
Sumber Gambar: www.thepeninsulaqatar.com

Beach Handball bakal menjadi pusat perhatian masyarakat Qatar digelaran perdana ANOC World Beach Games yang digelar di Doha Qatar 12 Oktober 2019 mendatang. Selain karena olah raga ini cukup populer, tim tuan rumah juga memiliki prestasi yang cukup gemilang pada katagori ini.

Menurut thepenisulaqatar.com Beach Handball lahir di sebuah pulau kecil di Ponza, di daerah Italia Selatan. Sejak saat itu pamornya terus menanjak hingga menjadi olahraga pantai paling populer pada akhir tahun 1980.

Beach Handball pertama kali debut di kompetisi Internasional pada tahun 2004 silam. Di Level Asia Beach Handball juga ikut mejeng di Asian Beach Games 2008 di Bali. Dimana medali emas katagori putra dimenangkan oleh Pakistan, menyusul dibawahnya Kuwait dan Thailand. Sementara katagori putri dimenangkan oleh Tiongkok, Thailand dan terakhir China Taipei.

Sedangkan dilevel Olimpiade, Beach Handball pertama kali diperlombakan pada Buenos Aires 2018 Summer Youth Olympic Games. Dengan sederet catatan tersebut, cabang olah raga ini bisa disebut sebagai salah satu yang paling ditunggu.

Seperti disinggung disebelumnya, Qatar memiliki prestasi yang cukup gemilang pada cabang olahraga ini. Tim Putra Qatar putra tercatat dua kali menempati juara ketiga di Kejuaraan Bola Tangan Pantai IHF World men pada tahun 2014 di Brasil dan 2016 di Hungaria. Tim ini juga finish diposisi ketiga World games 2017 yang digelar di Wroclaw, Polandia.

Sedangkan di kejuaraan Handball putra se- Asia, Asian Men’s Beach Handball Championship, tim Handball Qatar sudah tercatat lima kali juara. Yakni pada tahun 2011, 2013, 2015, 2017 dan 2019.

Tidak hanya itu di Asian Beach Games, Qatar juga menorehkan tinta emas dengan tiga kali kemenangan beruntun di 2012 di Haiyang (Cina), 2014 di Phuket (Thailand) dan 2016 di Danang (Vietnam).

Mengomentari hal tersebut Presiden Federasi Bola Tangan Qatar Ahmed Al Shaabi mengatakan pihaknya bertekad mengulang kesuksesan tersebut pada ANOC World Beach Games 2019. Status tuan rumah juga ikut menambah motivasi untuk berprestasi di pesta olahraga pantai terbesar di Dunia tersebut.

“Apa yang telah dicapai tim bola tangan pantai kami, terutama di Asia, belum pernah terjadi sebelumnya. Kami sangat bangga dengan prestasi mereka di masa lalu dan pada saat yang sama kami sangat percaya diri dengan penampilan mereka di ANOC World Beach Games. Kami memberi tim dukungan maksimal dan kami percaya mereka akan membuat negara kami bangga pada acara bersejarah ini,” ucapnya .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here