Atlet Tim Indonesia Jangan Sampai Terlena Prestasi Asian Games 

0
[:In]ANTARA FOTO/INASGOC/Dwi Oblo[:]

Indonesia memang meraih sukses besar dalam gelaran Asian Games Jakarta-Palembang 2018. Tim Indonesia berhasil melampaui target yang dicanangkan sebelumnya Kontingen Tanah Air berhasil meraih 98 medali, dengan rincian 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu.
Bahkan raihan ini merupakan yang terbanyak dalam sejarah keikutsertaan Indonesia di pentas olah raga terbesar di kawasan Asia ini. Sehingga tentu kondisi ini membuat, peta kekuatan olah raga di kawasan Asia di papan atas mulai bisa dimasuki oleh atlet –atlet Indonesia.

Hanya saja, seperti dilansir dari bola.com, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tono Suratman, justru menilai situasi ini bisa berbahaya bagi Tim Indonesia. Ia meminta para atlet untuk tidak terlena dan tetap bisa fokus untuk event – event internasional berikutnya.

Apalagi menurutnya, ke depan, Indonesia udah menghadapi banyak event internasional. Yang terdekat adalah SEA Games 2019, yang akan diadakan di Filipina.

“Dalam tiga tahun ke depan, Indonesia bakal dihadapkan dengan SEA Games Manila 2019, Olimpiade Tokyo 2020, dan PON Papua 2020. Makanya kita jangan terjebak euforia,” kata Tono.

“Asian Games 2018 telah tuntas dengan prestasi membanggakan. Makanya prestasi ini harus diingatkan. Jangan berhenti sampai di situ. Sesuai peran KONI berdasarkan UU SKN, kami akan terus melakukan pendampingan mulai dari pembinaan atlet usia dini,” imbuh Tono.

Menurut Tono, jika euforia perayaan ini tidak disudahi dan kembali fokus dengan persiapan, maka bukan tidak mungkin prestasi apik yang mampu diraih dalam Asian Games 2018, akan merosot. Demi bisa terus menjaga prestasi olah raga di level teratas, KONI pusat akan menyiapkannnya dalam sebuah Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis), dengan melibatkan seluruh perwakilan KONI se Indonesia di Jakarta, 17-18 Oktober 2018.

“Dalam rakornis akan dibahas semuanya mulai dari evaluasi kinerja selama satu tahun terakhir. Selain itu menyiapkan langkah prestasi yang tepat untuk beberapa tahun ke depan. Semua pengurus harus siap dan sigap,” kata Tono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here