Atlet Renang Indonesia Dituntut Tingkatkan Fisik Sebelum Jalani TC Olimpiade di Australia

0
Sumber Gambar: Tirto.id

Atlet – atlet renang Indonesia sudah diharapkan mulai bekerja keras, dalam rangka mempersiapkan diri untuk berlaga di Olimpiade Tokyo. Salah satunya saat ini Triadi Fauzi dkk sudah harus fokus pada peningkatan fisik.

Menurut Manajer Pelatnas renang,Wisnu Wardana, porsi latihan fisik perlu dilakukan lebih dini, karena menurutnya kondisi fisik para atlet renang Indonesia belum prima. Setelah selama pandemi hampir tujuh bulan terakhir porsi latihan berkurang dengan drastis.

“Kami masih latihan fisik yaitu untuk memantapkan sekaligus untuk adaptasi mereka,” kata Wisnu, seperti dilansir dari Tempo.co.

Pelatnas renang yang diproyeksikan menghadapi Olimpiade Tokyo 2021 sendiri, sudah mulai diadakan di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta, sejak 19 Oktober 2020 lalu.

Saat ini ada enam atlet renang yang mendapat panggilan dari Pelatnas Olimpiade Tokyo. Mereka terdiri dari I Gede SIman Sudartawa, Glen Victor Susanto, Fadlan Prawira, Farrel Armandio Tangkas, Triady Fauzi dan Azzahra Permatahani. Selain di bawah kepemimpinan manajer Wisnu Wardhana, latihan juga dikawal ketat oleh duet pelatih Albert Sutanto dan Doni B.Utomo.

Sementara salah satu atlet renang Indonesia, Glen Victor menyampaikan harapannya, agar pelatnas saat ini bisa dengan cepat mengembalikan kemampuan dan teknik berenang dia dan rekan – rekannya yang lain. Karena sejak pandemi, secara otomati, aktivitas di kolam renang manapun menjadi lebih terbatas.

“Saat pandemi kemarin, kami kesulitan berlatih baik di gym maupun di kolam renang. Dan harus diakui kami yang di pelatnas sangat kurang berlatih,” kata Glen.

“Saat ini saya juga meninggalkan Bandung menuju Jakarta yang fasilitas kolam serta protokol kesehatan cukup baik. Semoga ini bisa meningkatkan lagi kemampuan, karena memulainya juga dari nol lagi.” harapnya.

Sebelumnya, PB PRSI sudah mengantongi bantuan sebesar Rp1,2 miliar sebagai biaya untuk persiapan menuju Olimpiade. Agar bisa menembus babak utama pesta olahraga sejagat tersebut, para atlet renang Indonesia di target untuk bisa mendekati limit A. Sebagai syarat utama menembus babak kualifikasi.

Salah satu upaya PB PRSI memuluskan target tersebut, adalah dengan mengirim enam atlet untuk berlatih di Australia pada awal tahun 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here