Atlet Judo Peraih Emas SEA Games Akui Performanya Sulit Menanjak Selama Pandemi

0
Sumber Gambar: nusabali.com

Aktivitas latihan olahraga prestasi di masa pandemi Covid-19 saat ini memang tidak mudah khususnya bagi para atlet anggota Tim Indonesia.

Hal tersebut salah satunya dikemukakan oleh atlet Judo peraih medali emas SEA Games 2019 Gede Ganding Kalbu Soetama.

Gede Ganding merupakan atlet asal Provinsi Bali yang menjadi kebanggaan masyarakat di Pulau Dewata, karena berbagai torehan prestasinya selama ini, khususnya di kelas -100 kg putra, yang pada SEA Games Filipina 2019 lalu menghasilkan medali emas.

Gede Ganding menyampaikan, bahwa di masa seperti sekarang, latihan hanya bisa dijalankan dengan hanya sekedar menjaga kondisi fisik semata. Hal tersebut membuatnya mengalami kendala dalam meningkatkan performa.

“Kita selama ini kebanyakan latihan mandiri dan kirim laporan ke pelatih. Ini memang agak kurang puas karena tidak ada kontak fisik dengan sparing partner, sehingga susah untuk meningkatkan latihan karena tidak ada dorongan langsung pelatih,” kata Gading dilansir dari RRI via Pikiran Rakyat.

Hal tidak jauh berbeda juga disampaikan pelatih Judo PON Provinsi Bali, Nyoman Sumerta. Ia mengungkapkan bahwa fakta yang kini terjadi ini, juga dialami oleh semua cabang olahraga, di mana proses berlatih mengalami kendala.

Nyoman mengatakan bahwa, selama ini tim pelatih dan pengurus federasi juga telah berupaya untuk mencarikan formulasi berlatih yang terbaik bagi para atlet di tengah pandemi.

Pada dasarnya berdasarkan hasil test fisik sebelumnya, dijelaskan jika ada kelemahan-kelemahan yang senantiasa dipantau oleh pelatih agar terus diintesifkan pada pelatihan serta mengevaluasi guna meningkatkan performa atlet agar tetap terjaga.

“Selain itu, saat ini cabor judo juga meramu program latihan dengan metode sport science bekerjasama dengan akademisi di Undiksha Singaraja,” ucap Nyoman Sumerta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here