Atlet Bulutangkis Legendaris Indonesia Christian Hadinata Ungkap Rahasia Suksesnya di Sektor Ganda

0
Sumber Gambar: pbdjarum.org

Christian Hadinata menjadi salah satu atlet bulutangkis Indonesia yang namanya menjadi legenda. Hal tersebut tidak lepas dari berbagai raihan prestasi, khususnya dari sektor ganda. Lalu apa sebenarnya rahasia sukses seorang Christian Hadinata?

Hingga saat ini, Christian Hadinata memang diketahui menjadi salah satu eks pebulutangkis Indonesia tersukses dari ganda.

Tercatat, Christian Hadinata telah membela Merah Putih di dua sektor ganda. Yaitu ganda putra dan ganda campuran. Serta juga sempat fokus di nomor tunggal putra, sebelum akhirnya pindah haluan di sektor ganda.

Pada sektor ganda putra Tim Indonesia, Christian Hadinata juga sempat berpasangan dengan banyak atlet bulutangkis hebat Indonesia lainnya. Seperti Ade Chandra,Hadiwibowo Susanto, Indra Gunawan, Bobby Ertanto, Icuk Sugiarto, Sumirat Lie, hingga Lius Pongoh.

Sedangkan pada nomor ganda campuran, beberapa nama besar atlet bulutangkis Indonesia yang pernah berpasangan dengan Christian Hadinata antara lain, Ivana Lie dan juga Imelda Wiguno.

Sementara, prestasi – prestasi yang pernah diukir Christian Hadinata sebagai atlet bulutangkis Indonesia, baik untuk ganda putra dan ganda campuran, sama –  sama prestisius.

Soal rahasia suksesnya, pria yang juga menjadi pengurus di PB PBSI tersebut, seperti dilansir dari Indosport.com, menjelaskan bahwa komitmen menjadi kunci utamanya.

“Intinya sederhana, prinsipnya ‘sebagai pelayan’ melayani, menyervis partner saya bagaimana partner saya bisa main maksimal, bisa mendapat posisi-posisi mengembalikan bola dengan baik,” ujar Christian Hadinata.

Lebih jauh disampaikan oleh mantan atlet bulutangkis Indonesia tersebut, bahwa yang paling penting ketika bermain di sektor ganda, adalah bagaimana seorang atlet bisa membangun saling pemahaman dan keharmonisan di lapangan dengan semaksimal mungkin.

“Saat bermain ganda partner saya ketinggalan poin, bagaimana saya bisa menyikapi kejadian itu sebaik mungkin dengan tidak merusak kerja sama/keharmonisan bagaimanapun partner itu sudah komitmen kita berdua, meraih prestasi terbaik,” pungkasnya.

Bareng Ade Chandra dan Imelda Wiguno, pria yang juga menjadi penasihat di PB Djarum tersebut berhasil meraih gelar Juara Dunia di tahun yang sama, yaitu pada 1980. Ketika ini, sang legenda bulutangkis Indonesia tersebut, sukses mengawinkan dua gelar Juara Dunia di depan publik Tanah Air, di Istora Senayan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here