Asian Games 2018 Berlalu, PSSI Justru Terima ‘Pelajaran Berharga’ Ini

0

Asian Games 2018 memang sudah berlalu. Namun ternyata perhelatan akbar tersebut masih memberikan kabar tidak enak bagi induk Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI), setelah Federasi Sepak Bola Asia (AFC) menjatuhkan hukuman denda.

Denda tersebut terkait dengan laga semi final yang melibatkan antara Vietnam kontra Korea Selatan. Dimana pada pertandingan tersebut PSSI dinilai lalai, sehingga ada flare atau cerawat yang lolos dan disulut oleh fans Vietnam di dalam stadion.

Atas kejadian tersebut, AFC pun menjatuhkan denda sebesar 6.250 USD (Rp 95 juta) kepada PSSI. Mereka menganggap PSSI sebagai panitia penyelenggara turnamen sudah melakukan kelalaian. Sehingga bisa ada flare yang menyala pada laga yang berkesudahan dengan kemenangan Korea Selatan 3-1 tersebut.

Kejadian di Stadion Pakansari Bogor tersebut, tepatnya terjadi di menit ke-66 dan 70, dimana memang penyalaan flare dilarang dalam sebuah pertandingan sepak bola. Penyalaan flare, termasuk dalam pelanggarana aturan disiplin dan kode etik AFC pasal 64.

“Tergugat (PSSI) gagal memenuhi kewajibannya untuk mengambil tindakan pencegahan keselamatan yang diminta sebelum, selama, dan setelah pertandingan. Gagal mengawasi stadion dan sekitarnya hingga ada penyalaan flare,” pernyataan komisi disiplin AFC, seperti yang dilansir dari situs berita olahraga FourFourTwo.

Bukan hanya PSSI, Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) juga harus menerima sanksi dari AFC akibat ulah dari para pendukungnya tersebut. Bahkan VFF harus mendapatkan denda dua kali lipat dari yang diterima Indonesia. AFC menganggap VFF tidak mampu dan memberikan pembelajaran kepada fans setia nya untuk tidak menyalakan flare selama pertandingan berlangsung.

Pada cabang olah raga sepak bola Asian Games 2018, Indonesia sebagai tuan rumah, hanya mampu melaju hingga babak 16 besar.  Perjuangan Hansamu Yama dkk harus terhenti,  setelah kalah adu penalti dari Uni Emirat Arab. Timnas U-23 yang dilatih oleh Luis Milla, gagal memenuhi target PSSI untuk bisa minimal masuk ke babak semi final Asian Games 2018.

Sedangkan Vietnam sendiri justru sukses menjejakkan kaki nya di semifinal, sebelum digulingkan oleh Korea Selatan yang akhirnya bisa meraih medali emas. Vietnam menjadi satu  – satu nya negara dari Asia Tenggara yang mampu menembus babak 4 besar Asian Games.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here