Asa Selancar Lolos Olimpiade Tokyo 2020, Lewat ISA World Surfing Games El Salvador

0
Sumber Gambar: https://www.baliplus.com/

Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) bersiap mengirimkan enam atletnya ke ISA World Sufring Games 2020 di El Salvador hingga 9-17 Mei 2020, demi merebut tiket ke Olimpiade Tokyo 2020.

Enam peselancar yang akan diberangkatkan ke El Salvador terdiri dari: Rio Waida, Oney Anawar, Ketut Agus, Kailani Kusuma, Tania Angel dan Dhea Natasha.

“Masih tersisa ada lima slot (Olimpiade Tokyo 2020) yang akan diperebutkan di El Salvador. Kejuaraan ISA ini juga menjadi kualifikasi Olimpiade memang,” ucap Ketua Umum PSOI Arya Sena Subiakto di Kantor Kemenpora, Selasa (10/03) seperti dilansir dari Antara.

Bercermin dari aturan Asosiasi Surfing Indonesia (ISA) terkait kualifikasi Olimpiade, hanya akan ada 20 slot yang bisa tampil di Tokyo, yaitu 10 peselancar pria, dan 10 peselancar putri.

20 kuota tersebut bisa diperebutkan melalui dua jalur. Yang pertama melalui peringkat 10 besar dunia, World Surf League Championship Tour. Kedua, melalui jalur kualifikasi yang dihelat satu kali satu tahun.

Arya menyimpan harapan peselancar Tim Indonesia bisa setidaknya merebut satu tiket ke Olimpiade Tokyo 2020, dari lima kuota yang ada di kejuaraan El Salvador. Apalagi, kejuaraan ini merupakan kualifikasi terakhir selancar, sebelum Olimpiade Tokyo 2020.

“Saya masih berkeyakinan bahwa atlet seperti Rio Waida yang sekarang ada di peringkat 11 dunia bisa lolos ke Olimpiade. Kita juga punya Oney yang kemarin dapat emas di SEA Games 2019, dan juga Ketut Agus dan Dea Natasha,” lanjut Arya Sena.

Selancar atau surfing, merupakan satu diantara lima cabang olahraga baru yang diresmikan Komite Olimpiade Dunia (IOC) untuk bisa dilombakan di Olimpiade Tokyo 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here