Apa sih pentingnya Youth Olympic Games Untuk Indonesia

0

Youth Olympic Games (YOG) musim panas atau dikenal juga dengan Olimpiade Remaja, tahun ini memasuki tahun ke tiga penyelenggaraanny, yang kali ini dihelat di Buenos Aires Argentina.

kontingen Indonesia  sendiri turut serta dalam tiga perhelatan Olimpiade Remaja ini Singapura (2010), Nanjin China (2014) dan Bueons Aires Argentina (2018). Meskipun prestasi Tim Indonesia belum maksimal, namun pesta olahraga terbesar remaja se dunia ini terus intens diikuti oleh Indonesia, apa alasannya ya?
Seperti dilansir dari situs resmi olimpiade, bahwa YOG merupakan ajang pesta olah raga bagi remaja di seluruh dunia dari usia 15-18 tahun. Olimpiade Remaja ini sendiri dibagi menjadi dua, yaitu untuk musim panas (yang diikuti Tim Indonesia) dan musim dingin. Kedua event berjarak dua tahunan.

Selain fokus di olah raga, dengan mengadopsi cabang – cabang olah raga yang dipertandingkan di Olimpiade, YOG juga diposisikan oleh National Olympic Commite (NOC) sebagai ajang pertukaran budaya dan pendidikan (CEP) yang berdasarkan lima elemen dasar, yaitu.  Olimpiade,  pengembangan skill,  ekspresi remaja,  dan gaya hidup sehat.

Dilansir dari detiksport.com, Ketua Kontingen Indonesia (Chief de Mission) Youth Olympic Games 2018, Dito Ariotedjo menjelaskan bahwa event ini sangat penting bagi perkembangan atlet dari level junior menuju senior. Setidaknya hal tersebut sudah tampak dari salah satu alumnus YOG 2018, Antoni Sinisuka Ginting, yang kini mulai jadi andalan Tim Nasional Indonesia di cabor bulutangkis.

“Persaingan di level junior ini sangat ketat. Akan jadi sangat penting bagi mereka bisa mendapat pengalaman berharga, sebelum melangkah ke level senior. Setidaknya Antoni (Ginting) juga sudah membuktikannya,” kata Dito.

Terkait dengan apa yang bisa didapat para atlet selain dari pengalaman. Sesuai dengan misi YOG di bidang pendidikan, pihak Pemerintah dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI), juga akan memberikan beasiswa pendidikan kepada semua atlet yang bertanding.

“Semua atlet akan ada bonus tabungan emas dan beasiswa pendidikan. Ini sebagai bekal di masa depan,” tutup Dito.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here