Anthony Sinisuka Ginting, Tetap Maksimalkan Latihan Selama Jalani Isolasi Mandiri

0
Sumber: ANTARA FOTO/INASGOC/Puspa Perwitasari

Salah satu pebulutangkis andalan Tim Indonesia Anthony Sinisuka Ginting, menjadi salah satu atlet yang harus menjalani isolasi mandiri di Pelatnas Cipayung, efek dari pandemi covid-19.

Pasca kepulangannya dari ajang kelas atas All England World Tour Super 1000 pada pertengahan bulan lalu, seluruh pemain dan ofisial yang terlibat dengan jumlah 25 orang, wajib menjalani isolasi mandiri selama 14 hari, yang dalam perkembangannya diperpanjang hingga April. Keputusan tersebut diberlakukan, setelah pelatih kepala tunggal putra, Hendry Saputra berstatus PDP, meski hasil rapid test kepada seluruh anggota tim dinyatakan negatif.

Masa karantina belum usai, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah memberlakukan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai upaya menekan pandemi covid-19. Hal ini membuat anggota pelatnas bulutangkis, ruang geraknya menjadi semakin terbatas. Tidak adanya latihan regular di lapangan, yang harus membuat Anthony Ginting harus pintar – pintar dalam mencari cara untuk bisa terus mempertahankan kebugarannya.

“Sebetulnya balik ke atletnya masing-masing, meskipun enggak bisa latihan, tetap harus tanggung jawab sama kondisinya,” kata Anthony seperti dilansir DetikSport.

Salah satu yang dijalani atlet peringkat enam dunia di nomor tunggal putra tersebut, adalah latihan fisik di pusat kebugaran dengan gerakan ringan, yang langsung diawasi secara intensif oleh tim pelatih dan dokter pelatnas.

“Menyempatkan gerak, jaga kondisi, tapi mungkin intensitasnya enggak bisa sama seperti biasanya. Setidaknya kondisi jangan sampai drop,” ucapnya.

Sementara, PBSI sendiri mengatakan bahwa pelatnas akan berlangsung maksimal dan normal setelah lebaran Idul Fitri 2020 ini. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Prestasi PB PBSI Susy Susanti.

Harapannya, pada awal Juni tersebut, para pemain bisa dalam kondisi terbaik, setelah Federasi Badminton Dunia (BWF) kembali membuka turnamen yang selama ini dibekukan hingga Juli 2020 yang akan datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here