Aldila Sutjiadi, Jawara Tenis yang Jago Matematika

0
ANTARA FOTO/INASGOC/Wahyu Putro A

Medali emas kembali diraih Kontingen Indonesia di ajang Asian Games 2018 yang datang dari cabang olahraga tenis. Pasangan ganda campuran Aldila Sutjiadi dan Christopher Rungkat berhasil mengalahkan pasangan Sonchat Ratiwatana dan Luksika Kumkhum dari Thailand dengan skor 6-4, 5-7, 10-7 guna menyabet emas kesepuluh untuk Tim Indonesia. Ini merupakan sebuah prestasi yang sangat menggembirakan. Pasalnya, cabor ini khususnya ganda campuran untuk kali pertama kembali menyumbangkan emas lepas pasangan Hary Suharyadi dan Yayuk Basuki menggondol emas di tahun 1990.

Tidak hanya piawai di tenis, pemborong medali emas tenis di PON 2012 Riau ini juga punya prestasi di dunia pendidikan. Bahkan sejak masih duduk di bangku kelas 3 SMA, Aldila sudah mendapatkan banyak tawaran dari beberapa universitas baik dalam maupun luar negeri. Hingga akhirnya dirinya menjatuhkan pilihan pada University of Kentucky dan mendapatkan beasiswa penuh dari jalur tenis.

Kecerdasan yang dimiliki membuat dirinya berhasil menyelesaikan pendidikan di jurusan Matematika Ekonomi dengan predikat Summa Cumlaude lantaran mampu meraih IPK 3,92. Segudang pencapaian di bidang pendidikan dan dunia tenis membuat Aldila dinobatkan sebagai salah satu di antara deretan remaja berprestasi di Negara Paman Sam, Elite 90.

Dikutip dari vlog nTO, Aldila mengungkapkan rahasia dibalik prestasinya tersebut.

“Sebenarnya pas kuliah itu yang paling penting adalah pintar mengatur waktu. Soalnya kalau tidak dimanage bakal kewalahan,” ujarnya.

Disiplin baginya juga sangat menentukan. Menurutnya, talenta tanpa kedisiplinan tidak akan bernilai apa-apa.

“Tipsnya itu disciplin. Kalau kamu punya talenta yang bagus tapi nggak punya disiplin waktu ya nggak bisa,” tutur Aldila seperti dikutip dari tribunnews.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here