Alasan Bulutangkis Banyak Turunkan Junior di SEA Games 2019

0

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI), Susi Susanti menguangkapkan kontingen Indonesia sengaja banyak menurunkan tim junior pada ajang SEA Games 2019 ini. Dengan harapan kolaborasi antara pemain junior dan seniro semakin matang untuk kompetisi-kompetisi yang akan datang.

“Untuk tim, kami melakukan kolaborasi antara pebulutangkis junior dan senior. Hal itu bisa jadi suatu pengalaman yang berharga bagi tim junior. Nantinya mereka punya pengalaman untuk mempersiapkan diri meraih prestasi yang akan datang,” ucap Susy Susanti seperti dilansir dari Liputan6.com.

Dalam SEA Games ke-30 ini, Indonesia menurunkan 20 pebulutangkis yang akan turun pada lima nomor.

Dari sederet nama yang ada, hanya empat orang pebulu tangkis kondang jebolan Asian Games. Yakni Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto. Sementara sisanya didomniasi oleh atlet junior.

Sebagai informasi saja, Anthony Sinisuka Ginting masuk pada detik-detik terakhir menggantikan Daniel Marthin dinomor ganda putra.

Selain untuk memberikan jam terbang kepada atlet junior, sejumlah atlet senior ternyata tengah dipersiapkan untuk mengikuti Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Imbasnya beberapa nama jempolan pun akhirnya tidak diikut sertakan pada SEA Games kali ini.

“Karena melihat kepentingan yang lebih besar Olimpiade juga ada. Saat ini tim Indonesia juga sedang melakukan kualifikasi Olimpiade, jadi ada beberapa atlet yang tidak kami ikutkan ke SEA Games,” ucap Susy menambahkan.

Berikut ini daftar lenkap 20 pebulutangkis yang akan tampil di 5 nomor yang diperlombakan.
Tunggal Putra: Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Shesar Hiren Rhustavito, Firman Abdul Kholik.
Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung, Fitriani, Ruselli Hartawan
Ganda Putra: Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira, Ade Yusuf
Ganda Putri: Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ribka Sugiarto, Ni Ketut Mahadewi
Ganda Campuran: Praveen Jordan, Melati Daeva Oktavianti, Rinov Rivaldy, Pitha Haningtyas Mentari

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here