Ada Cidera Dibalik Medali Emas Nova Emilia di SEA Games 2019

0
Sumber Foto: sumber: medcom.id

Ada cerita menarik di balik medali emas yang didapatkan Nova Emilia di SEA Games 2019 Filipina. Siapa sangka dibalik gelar juaranya tersebut, Emilia sempat mengalami kendala yang cukup besar saat masa persiapan. Bahkan sempat membuat mentalnya jatuh sebelum berangkat.

Dara kelahiran 20 Agustus 1995 tersebut diketahui mengalami cedera tumit jelang pesta olahraga terbesar se Asia Tenggara tersebut. Sebagai seorang pelari cedera tumit kaki tentu menjadi sebuah mimpi buruk. Karena bagian tersebut memegang peran vital dalam akselerasi lari.

Cedera tersebut cukup parah hingga membuat Emilia harus absen latihan hingga dua bulan lamanya. Praktis hal tersebut memangkas kepercayaan diri dan mentalnya.

Namun seiring masa pemulihan cidera, mentalnya pun ikut membaik. Satu motivasi utama yang ia pegang bahwa rezeki dari Yang Maha Kuasa tidak akan tertukar. Ia yakin, jika medali emas sudah di takdirkan menjadi miliknya maka ia yakin akan kembali kepadanya.

Optimisme yang dibalut dedikasi tersebut pun berbuah manis. Meskipun merasakan ada trauma pada kakiknya, namun Emilia berhasil menyumbangkan satu medali emas dari cabang ateltik nomor 100 meter hurdles putri. Sekaligus menjadi medali emas ke-70 bagi kontingen Indonesia saat itu.

Nova Emilia berhasil menjadi yang tercepat dengan torehan waktu 13.61 detik. Disusul Tran Thi Yen Hoa (Vietnam) dan Nur Izlyn Zaini (Singapura) yang masing-masing mencatatkan waktu 13.75 dan 13.92.

“Rasanya bahagia banget bisa menyumbangkan medali emas. Persiapan saya tahun ini sempat terhambat karena cedera tumit. Saya sempat istirahat dua bulan sama sekali tidak lari. Terus drop banget,” papar atlet 24 tahun tersebut seperti dilansir dari sports.okezone.com.

“Sebenarnya mudah sih (untuk menang di SEA Games 2019) kalau saya latihannya rutin. Lawan terberat itu adalah diri sendiri. Tapi, Alhamdulillah beberapa bulan kondisi membaik tetapi terkadang masih suka terasa nyeri cuma saya yakin saja kalau rezeki saya juara ya juara aja,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here