5 Teknologi Yang Bisa Dinikmati Tim Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

0
Sumber: businessinsider.com

Kota Tokyo di Jepang akan jadi tuan rumah perhelatan pesta akbar olah raga se dunia Olimpiade pada tahun 2020 mendatang.  Pemerintah setempat pun sudah mulai melakukan persiapan secara intensif.

Seperti kita ketahui, Jepang adalah negara yang memiliki perkembangan teknologi canggih. Sehingga bisa dipastikan Olimpiade 2020 juga akan tersentuh perkembangan teknologi khas Negeri Sakura tersebut.

Lalu, tekologi ‘kece’ apa saja ya, yang akan dinikmati anggota tim nasional Indonesia yang akan menjadi wakil Bangsa di Tokyo 2020 mendatang.

Berikut adalah 5 teknologi baru Jepang yang akan disiapkan di Olimpiade Tokyo 2020, seperti dirangkum dari idntimes.com:

100% energi terbarukan non fosil
Konon, Jepang akan berupaya menggunakan 100 persen energi terbarukan, yang berasal dari tenaga surya dan juga angin, untuk mensuplai tenaga penerangan di stadion dan juga venue yang lain.

Selain juga energi ramah lingkungan tersebut juga akan disalurkan ke kampung dan tempat penginapan para atlet.

Medali berbahan ponsel bekas
Jika selama ini medali bagi olimpians, dikenal dengan tiga bahan utama, emas, perak dan perunggu, maka di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang, Jepang akan menggunakan bahan yang berbeda.

Pemerintah setempat berencana memanfaatkan ponsel bekas sebagai bahan utama pembuatan medali. Jepang menyiapkan 80 ribu ponsel bekas yang akan diolah menjadi 5000 keping medali untuk keperluan Olimpiade.

Taksi otomatis
Taksi remote, alias tanpa pengemudi ini ditujukan untuk para pengunjung Olimpaide 2020. Para pengguna, dapat memanfaatkan ponsel pintra mereka, untuk bisa membuka pintu taksi dan menjalankan, sekaligus melakukan pembayaran menggunakan e-money. Kabarnya, sudah ada 1500 orang di Jepang yang mendaftarkan diri sebagai tenaga ujicoba teknologi terbaru ini.

Jalan dengan tenaga surya
Jepang, saat ini sedang intens menguji panel – panel tenaga surya, yang dipasang lansung di jalanan Tokyo. Panel ini berfungsi mengubah sinar matahari menjadi energi terbarukan yang bisa dimanfaatkan menjadi listrik untuk banyak kepentingan.

Robot penerjemah
Teknologi terakhir yang tengah disiapkan pemerintah Jepang adalah, robot penerjemah bahasa yang disiapkan di berbagai venue. Robot – robot ini akan bisa menerjemahkan berbagai bahasa asing, dan membantu penonton, ataupun kontingen Olimpiade yang mengalami kesulitan.

Bukan sekedar menerjemahkan bahasa, robot ini juga bisa membantu kaum disabilitas dan orang tua, untuk membawa barang atau tas mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here